blank
Ilustrasi Kacang mete. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kacang mete adalah camilan lezat dengan rasa gurih, asin, sedikit manis dan renyah. Tidak hanya lezat, kacang mete juga mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Dilansir dari Suara.com, kemudian kacang mete ini sebenarnya bukanlah kacang melainkan biji dari buah jambu mete atau dikenal juga dengan jambu monyet yang mempunyai nama latin Anacardium occidentale.

Kacang mete ini memiliki serat yang rendah dan juga mempunyai banyak kandungan lain seperti vitamin, mineral dan antioksidan yang berguna bagi tubuh.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Aprikot Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Kehamilan

Selain itu kandungan lain dalam kacang mete adalah vitamin E, vitamin K, dan vitamin B6 dengan mineral lainnya, seperti tembaga, fosfor, seng, magnesium, zat besi, serta selenium yang berperan penting untuk menjaga fungsi tubuh.

Dirangkum dari hellosehat, berikut ini adalah empat manfaat kacang mete untuk kesehatan tubuh.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Kacang mede ini mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda karena kandungan keduanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan trigliserida dalam darah.

Baca Juga: Pertamina Latih Kelompok Ternak Manfaatkan Biogas Sebagai Bahan Bakar Rumah Tangga

Kemudian kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang relatif rendah ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, stroke dan serangan jantung.

Selain itu adanya kandungan vitamin dan mineral dalam kacang mede seperti kalium, vitamin E, vitamin B6, dan asam folat juga dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit jantung.

2. Baik untuk kepadatan tulang

Kacang mete adalah salah satu dari beberapa sumber makanan yang kaya akan mineral tembaga.

Kemudian tembaga sendiri mempunyai peranan penting guna menggantikan jaringan ikat dan kolagen yang rusak dan tanpa zat ini maka tubuh akan lebih rentan terserang penyakit disfungi sendi hingga osteoporosis.

Baca Juga: Lima Khasiat Kulit Apel Bagi Kesehatan Wajah

Selain tembaga, kacang mede juga mengandung magnesium yang penting dalam pembentukan tulang agar lebih kuat.

3. Bantu menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian kacang mete rupanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

Apabila rutin mengonsumsi kacang-kacangan atau kacang mete ini dapat menjaga tubuh tetap ideal hal ini lantaran kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam kacang mete dapat membantu mengurangi penumpukkan lemak.

4. Melindungi mata dari kerusakan

Kacang mete juga tinggi akan kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin, yakni dua jenis karotenoid yang banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga: Khasiat Semanggi, Makanan Khas Surabaya

Dengan asupan dua senyawa tersebut, maka dapat menjaga kesehatan mata karena berperan sebagai antioksidan apabila dikonsumsi secara teratur.

Senyawa lutein dan zeaxanthin bisa membantu melindungi mata dari kerusakan ringan yang dapat berubah menjadi kebutaan pada orang tua, bahkan dapat membantu menurunkan risiko katarak.

Nah, itulah tadi empat manfaat kacang mete bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat.

Claudia