blank

Orang Surabaya pasti mengenal makanan legendaris khas Surabaya, pecel Semanggi. Ternyata tidak cuma rasanya yang enak, khasiatnya juga baik untuk kesehatan.

blank
Penjual pecel semanggi (Foto: Betty)

Dilansir dari data Kemenkes RI Tabel Komposisi Pangan Indonesia (TKPI), 100 gram semanggi mengandung 7 miligram besi, 4.4 miligram protein, 90 gram fosfor, 520.7 miligram kalium, dan 0.5 miligram tembaga.

Kandungan yang ada dalam daun semanggi ini berkhasiat mengatasi terlambat bulan, mengatasi infeksi saluran kencing, anti hipertensi, meredakan demam, mencegah diare, mengatasi radang tenggorokan, dan sebagai obat herbal hepatitis.

Penyajian makanan khas Surabaya ini layaknya pecel dengan campuran ubi jalar dan kacang dengan pelengkap peyek dan kerupuk puli. Biasanya juga ada tambahan sayuran lain seperti tauge, kacang panjang, dan kembang turi.

Daun semanggi biasanya tumbuh liar di sawah dan tepi sungai. Tanaman jenis daun paku air ini bentuknya seperti payung dan bertangkai empat daun.

Cara membuatnya sangat mudah. Rebus semanggi dan sayur lainnya. Kemudian bumbu pecelnya cukup gunakan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kencur, cabe rawit, ubi jalar rebus, kacang tanah, petis udang, dan gula merah.

Alvaros