blank
Ilustrasi buah apel. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Apel memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Namun, apakah kamu tahu kalau apel juga baik untuk kesehatan kulit wajah?

Dilansr dari Suara.com, apel sendiri merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C, E, serat, dan polifenol yang merupakan antioksidan. Kandungan tersebutlah yang juga berperan untuk kesehatan, baik itu kesehatan tubuh dan kesehatan kulit wajah.

Nah, berikut lima manfaat apel untuk kesehatan wajah, yang dirangkum dari laman sehatq.com.

1. Mencegah penuaan dini

Pertama, manfaat apel dapat mencegah penuaan dini. Ya, ekstrak apel sendiri mengandung asam fenolik dan flavonoid yang berguna untuk kesehatan kulit.

Kedua kandungan tersebut bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan dan penuaan dini pada kulit.

Baca Juga: Lima Manfaat Minum Susu Hangat Sebelum Tidur

2. Mengurangi jerawat

Kedua, apel juga mengandung vitamin A dan C, serta zinc yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebersihan kulit wajah.

Selain itu, sari buah apel mengandung asam asetat, asam sitrat, dan asam glikolat. Dimana, kandungan ini dapat membantu mengatasi bakteri, mengurangi jerawat, mengurangi peradangan, dan mendorong pergantian sel kulit baru.

3. Menghidrasi kulit

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa apel bersifat mengikat air yang membantu menjaga kulit tetap ternutrisi dan terhidrasi dengan baik.

Vitamin C yang terkandung dalam buah apel dapat membantu melembabkan kulit dan menutrisi kulit, dan juga melindungi kulit sepanjang hari. Vitamin E pada apel juga dapat membantu melembutkan serta menghidrasi kulit.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Aprikot Bagi Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Kehamilan

4. Berperan sebagai eksfoliator alami

Selain manfaat tadi, sari pada buah apel juga berperan sebagai eksfoliator alami. Jika kebanyakan eksfoliator mengandung butiran scrub, berbeda dengan buah apel yang sari buahnya dapat membantu mengelupaskan kulit mati sehingga mengatasi kulit yang kusam.

5. Mencerahkan kulit

Masih berkaitan dengan manfaat di atas, sari buah apel juga dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat tampilan wajah menjadi lebih bercahaya.

Nah, untuk cara penggunaannya kamu bisa melakukannya dengan cara berikut.

1. Minum jus atau makan buah apel
2. Meletakkan irisan apel ke wajah
3. Membuat DIY masker apel
4. Menggunakan apple cider vinegar
Nah, itulah sejumlah manfaat apel untuk wajah. Semoga bermanfaat, ya!

Claudia