blank
Ilustrasi blue cheese. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Keju biru atau blue cheese adalah salah satu jenis keju yang dikenal dengan aromanya khas yang sangat tajam, dilansir dari Suara.com pada Jumat (19/8/2022).

Keju yang berasal dari perancis, keju yang memilikipenampilan lengkap dengan bintik-bintik hasil fermentasi ini diolah dengan bakteri Penicillium Roqueforti.

Meski memiliki bau menyengat sehingga banyak orang yang tidak tertarik mencicipinya, blue cheese justru dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan, bahkan ketika sekedar ditambahkan ada menu diet Anda.

Baca Juga: Empat Manfaat Air Kelapa yang Kaya akan Antioksidan

Dilansir dari laman Style Craze, berikut 7 manfaat blue cheese bagi kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Menambahkan keju biru di menu diet Anda dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi blue cheese teratur memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. Ini karena blue cheese membantu menurunkan kadar kolesterol, hingga mencegah pembekuan darah di arteri.

2. Melawan arthritis

Arthritis adalah kondisi kesehatan yang kerap muncul seiring pertambahan usia. Blue cheese dapat mengatasinya berkat sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan sendi dan meredakan nyeri arthritis.

Baca Juga: Lima Manfaat Cangkang Telur Bagi Kesehatan Tulang

3. Mencegah osteoporosis

Manfaat blue cheese selanjutnya adalah menguatkan tulang sehingga tidak ada lagi osteoporosis. Kandungan kalsium yang tinggi pada blue cheese lah yang berperan dalam hal ini. Satu ons blue cheese mengandung sekitar 150 mg kalsium. Dengan begitu, mengonsumsi blue cheese bisa membuat tulang Anda lebih sehat dan tidak mudah keropos.

4. Memperbaiki daya ingat

Nutrisi pada blue cheese juga membantu meningkatkan daya ingat sekaligus mencegah sifat pelupa. Dengan mengonsumsi blue cheese secara teratur, kinerja sel otak Anda bisa terus meningkat. Untuk hasil yang maksimal, mulailah menambahkan blue cheese pada makanan anak-anak Anda.

5. Sumber fosfor

Blue cheese merupakan sumber fosfor yang sangat baik. Mineral ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan fosfor dapat menyebabkan masalah terkait tulang seperti rakhitis. Selain menyehatkan tulang dan gigi, fosfor juga berperan dalam hal-hal vital dalam tubuh.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Buah Naga Dengan Segudang Nutrsinya

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan berbagai vitamin, dan mineral, termasuk di dalamnya natrium dan juga zinc membuat blue cheese dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

7. Anti-peradangan

Peradangan menjadi masalah utama yang mengganggu sebagian besar dari kita dan jika dibiarkan saja, ini bisa menjadi permasalahan yang serius dan berakibat fatal. Untungnya, sifat anti-inflamasi pada blue cheese dapat membantu Anda memeranginya.

Claudia