blank
Kapolres Blora bersama  Kepala Desa Kalangan menemukan sumber mata air di sawah dukuh Jamur. Foto: Pemdes Kalangan

BLORA (SUARABARU.ID) – Memasuki musim kemarau di wilayah Kabupaten Blora Jawa Tengah, sebagian besar masyarakat di Blora mulai merasa kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Salah yang mengalami kesulitan air bersih adalah di wilayah kecamatan Tunjungan tepatnya di kawasan Desa Kalangan.

Berawal dari sambang desa oleh Kapolsek Tunjungan  di wilayah desa Kalangan dan mendengarkan cerita dari warga perihal kesulitan air bersih,

Kapolsek berinisiasi untuk bersama-sama mencari solusi. Hingga akhirnya salah satu warga ada yang bercerita tentang sumber mata air di persawahan yang airnya lumayan melimpah.

Mendapat informasi tersebut, Kapolsekpun menyampaikan informasi kepada Kapolres Blora.

Mendengar informasi tersebut, Selasa, (23/8/2022) Kapolres Blora AKBP Fahrurozi, SIK, MM, MH bersama Wakapolres Kompol Christian Chrisye Lolowang, SH, SIK, MH, dan Kasat Lantas AKP Noach Hendrik, SIK terjun langsung meninjau lokasi sumber mata air.

Dengan mengendarai sepeda motor trail dari Mapolsek Tunjungan, menempuh jarak 4 KM Kapolres Blora beserta rombongan menempuh perjalanan ke lokasi sumber mata air dengan jalan kaki berjarak sekitar 1,5 km dari pemukiman warga di dukuh Jamur desa Kalangan, Kecamatan Tunjungan.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Kalangan, Soleh mengaku senang dengan kunjungan dari Kapolres Blora bersama rombongan di wilayahnya. Kades berharap dengan kedatangan Kapolres Blora kedepan bisa membantu meringankan warga terutama dalam mendapatkan air bersih untuk kehidupan warga setempat.

“Harapannya semoga kebutuhan air di wilayah sini, bisa tercukupi. Terima kasih bapak Kapolres beserta rombongan yang telah mengupayakan kemudahan air untuk warga,” ucap Kepala Desa.

Kapolres Blora AKBP  bersama Kepala Desa dan perangkatnya blusukan ke sawah dengan menyusuri pematang sawah meninjau tiga lokasi yang berbeda di dukuh Jamur.

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi mengatakan berdasarkan pantauan warga dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa setempat bahwa sumber air dikawasan tiga lokasi tersebut airnya melimpah bahkan disaat musim kemarau masih bisa memenuhi kebutuhan air dipersawahan warga.

“Hari ini kita tinjau tiga lokasi sumber mata air. Harapannya nanti bisa kita usulkan kepada pihak terkait untuk kita diskusikan dan kita usulkan pembangunan sarana air di sini,” kata AKBP Fahrurozi.

Sumber Mata Air 

Lebih lanjut, Kapolres Blora  menerangkan bahwa air adalah salah satu komoditas penting dalam kehidupan warga. Oleh karenanya Polres Blora beserta Polsek Jajaran akan terus berusaha untuk membantu warga mencari solusi terbaik dalam menjaga kamtibmas serta meningkatkan perekonomian warga.