blank
Ilustrasi madu murni. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selama ini madu murni memang sudah dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun tidak hanya meningkatkan saja, madu murni yang tidak melalui proses pasteurisasi juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan sifat antibakteri dan anti inflamasi di dalamnya, seperti dilansir dari Suara.com pada Kamis (25/8/2022).

Perlu diingat, madu murni memiliki kandungan yang berbeda dengan madu olahan. Panas tinggi pada proses pasteurisasi mungkin membunuh ragi madu yang tidak diinginkan, mempercantik warna dan tekstur, serta memperpanjang umur simpan. Namun, pada proses pengolahan ini pula banyak nutrisi madu yang hancur.

Dilansir dari laman healthline, berikut 7 manfaat madu murni untuk kesehatan.

Baca Juga: Tips Mengobati Kaki Keseleo untuk Pertolongan Pertama

1. Sumber antioksidan

Beberapa jenis madu alami memiliki antioksidan sebanyak buah dan sayuran, di mana ini berperan penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam madu murni yang disebut polifenol memiliki efek anti-inflamasi yang bermanfaat melindungi sejumlah kondisi yang berkaitan dengan stres oksidatif.

2. Kandungan nutrisi lengkap

Pada satu sendok makan atau 21 gram madu mentah setidaknya terdapat 64 kalori dan 17 gram. Namun madu murni juga mengandung jumlah yang lebih kecil dari beragam mikronutrien seperti kalsium, magnesium, mangan, niasin, fosfor, kalium, seng, hingga berbagai asam amino dan enzim. Kandungan nutrisi lengkap tentu sangat bermanfaat bagi tubuh.

3. Menyembuhkan luka

Sebuah studi di tahun 2018 menunjukkan bahwa madu memiliki sifat antimikroba, hal ini juga diperkuat pada studi lain yang menyarankan bahwa madu, propolis, dan royal jelly mungkin memiliki manfaat kesehatan untuk menghambat mikroba dan penyembuhan luka.

Perlu diingat, penelitian ini dilakukan dengan sampel madu murni, sehingga jangan pernah mencobanya dengan madu olahan yang banyak dijual.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Olahan Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

4. Mencegah kanker

Fitonutrien merupakan senyawa yang biasa ditemukan dalam tanaman yang melindunginya dari serangan serangga atau radiasi ultraviolet. Sementara itu, fitonutrien pada madu murni kaya akan antibakteri dan jamur yang membuatnya meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mengurangi risiko kanker. Senyawa ini dapat hancur saat diproses untuk pembuatan madu olahan.

5. Membantu masalah pencernaan

Madu murni mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menutrisi bakteri baik dalam usus. Madu juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, madu memiliki potensi sebagai pengobatan bakteri Helicobacter pylori.

6. Meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Madu adalah obat sakit tenggorokan tradisional yang sudah lama dikenal. Anda bisa menambahkan madu ke dalam teh panas atau air lemon saat sedang terserang flu.

Manfaat ini tidak terlepas dari sifat antibakteri dan anti-inflamasi pada madu murni.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Mint yang jarang Diketahui Orang

7. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat madu selanjutnya adalah dengan melawan peradangan pada hipokampus, bagian otak yang terlibat dalam memori. Ini berasal dari manfaat kognitif madu murni.

Efek antioksidan dan anti-inflamasi madu murni memang banyak memberi manfaat bagi tubuh termasuk kesehatan otak.

Claudia