blank
Ilustrasi olahan ikan gabus. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ikan menjadi makanan yang banyak mengandung protein yang dibutuhkan tubuh dalam asupan harian. Salah satu ikan yang mengandung protein dan banyak dikonsumsi adalah ikan gabus.

Dilansir dari Suara.com, ikan gabus yang bernama latin Channa striata merupakan sejenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Ikan gabus merupakan ikan predator yang dikenal dengan nama snakehead karena memiliki bentuk mirip ular, tubuh memanjang dan berwarna gelap.

Ikan ini menjadi obat alami yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tentu khasiat ikan gabus ini tidak terlepas dari kandungan gizi yang terkandung di dalamnya. Satu porsi ikan gabus mengandung nutrisi kalori, protein, lemak, kalsium, karbohidrat, fosfor, natrium, zat besi, kalium, tembaga, vitamin A, B1, B2, dan B3.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Mint yang jarang Diketahui Orang

Bahkan ikan gabus memiliki protein yang lebih tinggi dari ikan salmon. Lalu apa saja manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh? Simak ulasannya berikuti ini, dilansir dari Steemit.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Ikan gabus memiliki tekstur daging yang empuk dan mudah untuk dimakan. Sehingga hal ini akan membuat sistem pencernaan dapat dengan mudah dapat mencerna dan menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya.

2. Memperbaiki gizi buruk

Manfaat ikan gabus selanjutnya adalah dapat memperbaiki gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil, balita dan bayi. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kekurangan albumin atau hipoalbuminemia yang menyebabkan nutrisi tidak bisa disebarkan ke seluruh tubuh.

Baca Juga: 3 Manfaat Kopi Cold Brew bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

3. Penyembuhan luka pasca operasi

Kandungan albumin yang tinggi ini bermanfaat untuk menyembuhkan luka terutama pasca operasi. Kandungan ini mampu membantu pembentukan sel dan jaringan baru pada bagian tubuh yang rusak setelah operasi.

4. Keseimbangan cairan pada tubuh

Apabila cairan tubuh seseorang berkurang atau tidak normal, maka protein yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. Zat albumin ini dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaganya agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya.

5. Penumbuhan gigi dan tulang bayi

Ikan gabus mengandung mineral kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada si bayi. Kandungan kalsium pada ikan gabus sekitar 60 mg dan fosfor sekitar 70 mg yang bermanfaat untuk masa pertumbuhan bayi.

Itulah 5 manfaat mengonsumsi ikan gabus yang kaya akan nutrisi baik untuk tubuh Anda. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan untuk Anda!

Claudia