blank
Ilustrasi kubis merah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kubis merah menjadi salah satu sayuran yang digunakan sebagai bahan makanan. Di balik warnanya yang mencolok, manfaat kubis merah untuk kesehatan pun tak kalah dengan sayur lainnya.

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (25/8/2022), Kubis merah atau nama latin Brassica oleracea termasuk ke dalam keluarga tanaman Brassica yang berjajar dengan sayuran kangkung dan kembang kol. Terkadang kubis merah ini disebut sebagai kubis ungu karena warna daunnya ungu tua kemerahan. Bentuk dari sayuran ini biasanya sedikit lebih kecil dan lebih padat dari kubis hijau serta lebih pedas.

Dilansir dari Healthline, kubis merah mengandung tinggi serat yang baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, penyakit yang menyerang pencernaan, stroke, jantung koroner dan lain sebagainya. Sayuran ini juga mengandung kalium yang baik untuk saraf, otot, ginjal dan jantung.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Olahan Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Selain tinggi serat dan kalium yang terkandung dalam kubis merah, tentu masih banyak komponen vitamin dan mineral lainnya yang tentu baik untuk kesehatan. Lantas apa saja manfaat kubis merah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mendukung kesehatan jantung

Kandungan antosianin dalam kubis merah terbukti berperan penting dalam kesehatan kardiovaskular dan dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Diketahui kubis merah mengandung lebih dari 36 jenis antosianin yang dapat menyehatkan jantung.

2. Melawan peradangan

Kubis merah mengandung sulforaphane yang bersifat anti-inflamasi yang efektif untuk melawan peradangan yang diduga berkontribusi terhadap banyak penyakit. Kubis merah juga dapat mengurangi nyeri payudara, pembengkakan dan peradangan karena ASI dan aliran darah di awal postpartum.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Mint yang jarang Diketahui Orang

3. Bersifat antikanker

Kandungan sulforaphane dan anthocyanin pada kubis merah ternyata bermanfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif dan sebagai pelindung kanker. Oleh karenanya sayuran ini dapat mengurangi risiko penyakit kanker.

4. Memperkuat tulang

Kubis merah juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang seperti vitamin C, vitamin K, kalsium, seng dan mangan. Vitamin K ini dapat memelihara tulang yang kuat dan sehat. Namun penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya masih diperlukan.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Banyak orang yang mengetahui bahwa kubis merah kaya akan serat yang berguna untuk memperlancar sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Serat ini juga berfungsi melancarkan pergerakan kotoran dalam usus untuk mencegah terjadinya sembelit dan susah buang air besar.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat kubis merah yang kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi bersama dengan beragam sayuran lain agar melengkapi kebutuhan nutrisi harian.

Claudia