blank
ilustrasi daun mint. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mungkin tak banyak yang mengetahui kalau daun mint bisa dikonsumsi dan juga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Di luar dari fungsinya yang kerap dicampurkan ke dalam makanan atau minuman karena mempunyai aroma yang khas.

Dilansir dari Suara.com, daun mint atau peppermint yang mempunyai nama latin Mentha piperita L. adalah tanaman yang banyak dimanfaatkan untuk menjadi obat tradisional.

Baca Juga: Empat Tips Mengatasi Kulit Tangan Kering dan Kasar

Maka tak heran apabila banyak produk sehari-hari yang menggunakan daun mint seperti permen karet, penyegar nafas, pasta gigi, obat kumur hingga minyak angin atau minyak aromaterapi.

Dirangkum dari halodoc, berikut ini adalah manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang mungkin jarang diketahui orang:

1. Dapat Atasi Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Tanaman berwarna hijau ini dapat membantu sistem pencernaan agar lebih sehat dengan merangsang enzim pencernaan.

Pasalnya, minyak mint ini mempunyai sifat antiseptik dan antibakteri serta ada kandungan metanol yang ampuh untuk meredakan gangguan pencernaan.

Baca Juga: 3 Manfaat Kopi Cold Brew bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Khasiat daun mint ini juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, karena daun mint ini kaya akan fosfor, kalsium dan vitamin seperti C, D, E dan A.

Apabila rutin mengonsumsi daun mint ini juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit kronis atau berbahaya.

3. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata dengan menghirup daun mint ini dapat berpengaruh pada kesehatan otak. Hal ini karena daun mint mempunyai bau yang khas dan sudah terbukti dalam sebuah penelitian apabila mencium aroma minyak daun mint selama 5 menit hal ini dapat mengurangi rasa lelah.

Baca Juga: Lima Manfaat Gula Palem Bagi Kesehatan

4. Meredakan Gejala PMS

Saat menstruasi banyak wanita yang mengalami gejala PMS atau premenstrual syndrom dan salah satunya adalah kram perut.

Berdasarkan penelitian pada jurnal Iranian daun mint ini dapat membantu meredakan kejang otot di usus besar yang bisa meredakan rasa kram.

Kemudian dengan minum teh atau ekstrak daun mint ini selama 3 hari akan lebih mudah dalam mengurangi rasa kram perut yang dirasakan.

Nah itulah tadi, empat manfaat daun mint untuk kesehatan tubuh yang mungkin jarang diketahui orang.

Claudia