blank
Ilustrasi. Foro: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memiliki kulit tangan kering dan kasar sebenarnya merupakan hal normal. Apalagi tangan kerap terpapar bahan kimia, seperti deterjen dan sabun yang bisa mengikis kelembapan kulit tangan.

Dilansir dari Suara.com, belum lagi beberapa pekerjaan yang mengandalkan memuatan telapak tangan, yang berisiko membuat tangan kasar, kering bahkan kapalan.

Hanya saja, tak ada salahnya untuk mencari solusi mengatasi tangan kering dan kasar. Apalagi bagi sebagian orang, kulit tangan kering bisa membuat tidak percaya diri saat bersalaman.

Dikutip dari laman Brightside, berikut empat cara mengatasi kulit tangan kering dan kasar, yang umumnya sangat alami dan bisa dilakukan sendiri di rumah!

Baca Juga: Manfaat dan Tips Mudah Menyimpan Keju Yang Tepat

1. Pakai Minyak Biji Bunga Matahari
Minyak biji bunga matahari bisa melembapkan dan meremajakan kulit kering. Namun Anda perlu hati-hati agar tidak sembarangan mencampurkan termasuk dengan minyak zaitun ya!

2. Oleskan Madu Murni
Madu murni memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang baik untuk kulit kering dan kasar. Selain itu, madu murni juga dapat merangsang sistem kekebalan untuk membangun jaringan kulit yang rusak. Bahkan madu murni juga bisa jadi obat pengganti luka bakar.

3. Pakai Masker Buah Alpukat
Selain dimakan, alpukat juga bisa dijadikan perawatan masker yang bagus untuk kulit. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kulit kering.

Cara membuatnya, siapkan alpukat matang dengan satu sendok teh minyak kelapa, dan setengah sendok teh jus lemon. Aduk bahan hingga rata. Setelah jadi, oleskan di tangan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca Juga: Lima Tips Menyimpan Olahan Seafood

4. Pilih Produk dengan Vitamin B3
Anda bisa konsumsi makanan kaya vitamin B3 atau produk yang mengandung vitamin serupa. Pastikan produk tersebut mengandung niacinamide untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Bila perlu, konsultasi dengan dokter kulit yang bisa membantu perawatan kulit.

Jika tangan tetap kering, mungkin perlu coba krim topikal dan dilihat hasilnya dalam beberapa minggu.

Claudia