blank
Ilustrasi olahan serba seafood. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Restoran seafood pada umumnya menyediakan makanan dalam porsi yang besar, jadi tidak heran jika olahan seafood tidak bisa habis dalam sekali makan. Untungnya, jika disimpan dengan tepat, masakan seafood tetap dapat dikonsumsi di hari-hari berikutnya.

Dilansir dari Suara.com cara menyimpannya pun tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan kulkas atau tempat yang kedap udara.

Berikut 5 tips menyimpan olahan seafood supaya tetap layak makan

Baca Juga: Tiga Tips Mencegah Kecanduan Junk Food dan Fast Food

1. Simpan di Tempat Kedap Udara

Sebelum menyimpan olahan seafood, pastikan kamu telah menyiapkan plastic wrap untuk membungkusnya. Jika Anda akan mengkonsumsinya lagi di dua atau tiga hari berikutnya, cukup simpan di chiller supaya proses thawing (melumerkan) tidak terlalu lama.

2. Simpan Seafood Secara Terpisah

Tips menyimpan olahan seafood selanjutnya adalah dengan menggunakan wadah yang berbeda untuk tiap jenis seafood. Pisahkan antara udang, cumi atau, kerang. Selain untuk menjaga cita rasa, hal ini juga dilakukan untuk menekan pembusukan karena setiap jenis seafood memiliki waktu pembusukan yang berbeda.

3. Simpan di Kulkas

Kulkas menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki di rumah jika Anda menyukai olahan seafood. Seafood yang telah diolah harus segera disimpan, selain supaya tetap layak dikonsumsi keesokan harinya, model penyimpanan ini juga dilakukan supaya aroma seafood tetap menggugah selera.

Baca Juga: Tujuh Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit

4. Simpan di Freezer

Dengan menyimpan di dalam freezer, Anda bisa kembali mengkonsumsi olahan seafood tersebut hingga tujuh hari kedepannya. Namun sekali lagi, pastikan bahwa wadah yang digunakan benar-benar kedap udara dan bersih.

5. Jangan Simpan Pada Suhu Kamar

Dilansir dari laman Recipe Tips, menyimpan olahan seafood di suhu kamar merupakan hal yang perlu dihindari. Segera masukkan ke lemari pendingin atau dalam wadah tertutup tidak lebih setelah dua jam ikan diolah. Seafood olahan dapat disimpan hingga 2 sampai 3 hari dengan suhu 40 derajat Fahrenheit atau kurang.

Demikian informasi mengenai cara penyimpanan olahan seafood yang benar. Sebelum itu, pastikan bahwa alat penyimpanan yang Anda gunakan ada dalam posisi steril sehingga tidak akan menjadi bumerang saat digunakan untuk menyimpan olahan seafood.

Claudia