blank
Ilustrasi makanan cepat saji. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Sekarang ini sangat mudah menemukan beragam makanan yang enak dan murah untuk dinikmati. Seringkali kita dengar istilah junk food dan fast food yang banyak digemari.

Dilansir dari Suara.com, pada dasarnya makanan yang termasuk junk food apabila tidak memiliki kandungan gizi yang cukup atau bahkan 0 gizi, baik diolah secara cepat seperti fast food ataupun tidak.

Sementara fast food hanya makanan yang penyajiannya cepat terlepas apakah makanan tersebut memiliki gizi yang baik atau tidak. Lantas bagaimana cara agar tidak kecanduan untuk mengonsumsi junk food dan fast food yang tidak mengandung gizi cukup?

Baca Juga: Tujuh Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Nah, berikut ini ada beberapa tips agar kita bisa membatasi konsumsi junk food atau fast food.

1. Kurangi jumlah konsumsi junk food dan fast food yang tidak sehat

Sulit memang menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan tak sehat seperti junk food. Apalagi makanan tersebut murah dan rasanya enak.

Oleh karena itu cobalah kurangi jumlah konsumsi junk food yang tidak sehat. Misalnya dalam seminggu kita bisa makan junk food lebih dari tiga kali, maka cobalah perlahan untuk hanya makan dua kali atau sekali dalam seminggu.

Dengan cara ini lama kelamaan kita akan tak selalu ingin makan junk food bahkan akan bosan dengan sendirinya.

Baca Juga: Empat Tips Mengatasi Mabuk Durian

2. Ganti junk food dengan makanan sehat

Ada banyak pilihan makanan lain sebagai pengganti junk food yang tentunya lebih sehat bagi tubuh. Misalnya kita dapat mengonsumsi salad buah atau sayur daripada makanan kaleng.

Selain itu bagi penggemar pizza, topping pada pizza tersebut dapat diganti dengan sayuran yang bisa memberi tubuh banyak nutrisi serta vitamin seperti A, E, serta C.

Bagi penggemar kentang goreng juga dapat menggantinya dengan kentang rebus atau ubi jalar yang rasanya tak kalah enak dengan kentang tersebut.

Baca Juga: Tips Menjaga Komunikasi yang Nyaman Dengan Orang Lain

3. Ganti minuman bersoda

Minuman bersoda memang banyak digemari karena rasanya yang nikmat. Sayangnya kandungan gula di dalamnya sangat banyak, melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, minuman bersoda sebaiknya tak terlalu sering dikonsumsi.

Lebih baik mengganti minuman bersoda dengan beberapa minuman yang lebih bergizi. Contohnya adalah infused water, jus buah, atau air putih yang lebih menyehatkan.

Mulai sekarang cobalah untuk lebih bijak memilih makanan. Batasi konsumsi junk food atau fast food untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Claudia