blank
Ilustrasi buah durian. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Durian menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Namun, jika durian dikonsumsi dalam jumlah yang besar dapat menyebabkan efek mabuk durian. Ternyata di balik kelezatan durian, ada pantangan untuk tidak terlalu banyak memakannya. Lalu bagaimana cara mengatasi mabuk durian ini? Simak ulasannya berikut ini.

Dilansir dari Suara.com, buah durian yang merupakan buah yang dijuluki “Raja Buah-Buahan” dikenal memiliki karakteristik yang unik seperti aroma yang menyengat, tekstur daging yang lembut hingga memiliki kulit berduri.

Durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meredakan gejala tekanan darah tinggi, meredakan demam, meredakan gejala liver, mempercepat penyembuhan luka dan lain sebagainya. Meskipun memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, jika dikonsumsi dalam jumlah besar akan menyebabkan mabuk durian.

Baca Juga: Manfaat Uap Air Humidifier Bagi Kesehatan Tubuh

Mabuk durian ini bisa dinyatakan sebagai salah satu kondisi keracunan makanan jika mengonsumsinya secara berlebihan. Ada beberapa cara untuk mengatasi mabuk durian ini sebagai berikut.

1. Meminum air hangat dicampur dengan garam

Cara mengatasi mabuk durian yang pertama adalah dengan meminum air hangat yang dicampur dengan garam secukupnya. Meskipun tidak memiliki penjelasan secara ilmiah, air garam yang hangat ini dapat membantu menetralkan tubuh saat mabuk durian.

2. Meminum segelas susu

Selain menggunakan campuran air hangat dengan garam, susu juga dipercaya dapat menetralkan kandungan gas pada durian dalam tubuh. Susu mengandung protein (kasein) yang dapat melawan alkohol. Namun tidak disarankan untuk minum susu bersamaan dengan memakan durian karena dapat menaikan kadar glukosa secara drastis.

Baca Juga: Tips Menumbuhkan Minat Baca pada Anak, Simak Yuk..

3. Meminum air kelapa

Air kelapa dikenal sebagai obat alami yang dapat mengatasi mabuk durian. Pasalnya, air kelapa ini mengandung gula alami dan kalium yang digunakan untuk mengatasi dehidrasi setelah mabuk dan keracunan. Air kelapa juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Memakan buah manggis

Menurut penelitian buah manggis mengandung vitamin B kompleks yang cocok untuk dimakan saat mabuk durian. Buah manggis aman dikonsumsi baik bersamaan dengan makan buah durian.

Nah, itulah 4 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mabuk durian yang dapat Anda ketahui. Selain dengan beberapa cara di atas, Anda dapat membatasi jumlah konsumsi durian untuk mencegah terjadinya mabuk durian. Semoga bermanfaat!

Claudia