blank
ilustrasi penggunaan humidifier. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Penggunaan air humidifier ini kian populer di masyarakat setelah pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia. Air humidifier ini dipercaya memiliki dampak baik bagi kesehatan, salah satunya dapat mematikan virus yang dapat menyebabkan flu.

Dilansir Suara.com Rabu (13/7/2022), air humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Cara kerja air humidifier ini adalah dengan menyemprotkan uap air ke udara agar udara ruangan menjadi lembap.

Selain menjaga ruangan tetap lembap, air humidifier ini dapat membantu menjaga iritasi seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, sakit tenggorokan dan pilek yang dipicu oleh udara kering.

Baca Juga: Empat Manfaat Mengonsumsi Rumput laut

Air humidifier ini umumnya diletakkan di ruangan yang memiliki udara kering seperti kantor, ruang tamu atau ruang keluarga dan kamar tidur untuk membantu menyeimbangkan kelembapan udara. Berikut ini beberapa manfaat air humidifier yang penting untuk kesehatan dan wajib Anda ketahui.

1. Meredakan kulit yang gatal

Kulit gatal ini disebabkan udara kering di dalam ruangan. Apabila kondisi ini dibiarkan, akan muncul hasrat untuk menggaruk area kulit yang gatal hingga menyebabkan lecet dan menjadi infeksi. Tentu hal ini membuat siapa saja tidak nyaman dengan kondisi kulit yang dimilikinya.

2. Bermanfaat untuk tidur lebih nyenyak

Air humidifier yang dapat membuat udara sebuah ruangan menjadi lebih lembap ini berfungsi untuk membuat tubuh menjadi rileks. Jika tubuh menjadi lebih rileks maka kualitas tidur juga akan semakin baik dan membuat bangun pagi akan terasa lebih segar.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Jus Lidah Buaya

3. Mengobati gejala flu dan pilek

Manfaat air humidifier lainnya adalah untuk mengurangi gejala flu dan pilek. Air humidifier ini mampu mengurangi dan mencegah perkembangan virus dan bakteri yang tumbuh di udara yang kering.

4. Mencegah iritasi mata

Penggunaan air humidifier ini dapat mengurangi partikel debu yang disebabkan udara kering dalam ruangan. Partikel debu ini dapat memicu iritasi mata. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan air humidifier di dalam ruangan yang rentan dengan udara kering.

5. Mencegah penularan Covid-19

Sejak Covid-19 menyebar di seluruh dunia, penggunaan air humidifier ini dipercaya dapat membantu mencegah penuluran virus corona. Covid-19 ini lebih mudah menyebar di udara yang kering. Meski demikian, peneliti masih harus melakukan penelitian terhadap hal ini. Kelembapan yang terlalu tinggi tidak baik karena dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur.

Demikian ulasan singkat seputar manfaat air humidifier yang penting untuk kesehatan.

Claudia