blank
Sup rumput laut. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Setiap orang harus mempertimbangkan manfaat kesehatan dari setiap makanan yang masuk ke dalam mulut, seperti rumput laut.

Rumput laut adalah salah satu tanaman paling padat nutrisi sekaligus sumber mineral paling melimpah. Hal itu karena,rumput laut memiliki semua nutrisi yang disediakan oleh laut.

Dilansir dari Suara.com, rumput laut juga camilan sehat yang merupakan makanan pokok Jepang, Korea, dan China. Rumput laut juga kaya protein yang dikenal sebagai peptida bioaktif yang biasanya ditemukan dalam susu. Karena itu, makanan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Jus Lidah Buaya

Berikut ini dilansir dari Mirror UK, ini beberapa manfaat kesehatan dari rumput laut.

1. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Rumput laut yang padat nutrisi ini dikenal bisa membantu mengatasi kerontokan rambut. Yodium dalam rumput laut sangat bagus untuk mengatur tiroid, mengatasi ketombe dan rambut yang menipis.

Salah satu sifat paling kuat yang dimiliki rumput laut pada rambut adalah kemampuannya untuk meningkatkan hidrasi dan mineralisasi kulit kepala. Hal ini membantu rambut untuk membangun kembali dirinya sendiri dan tumbuh lebih kuat.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Keindahan Rambut

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Sedangkan, rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah. Rumput laut diketahui mengandung sejumlah senyawa kesehatan jantung.

“Rumput laut dikenal sebagai sumber asam lemak esensial, yang dianggap dapat mengurangi trombosis dan aterosklerosis sebagai faktor penting dalam pengurangan risiko penyakit jantung,” jelas Dr Maria Hayes.

3. Menurunkan kolesterol

Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa manfaat rumput laut dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Springer Link, sifat antioksidan dan kolesterol dari rumput laut merah dianalisis lebih lanjut.

Penelitian ini menggunakan tikus yang diberi makan kolesterol tinggi, diet tinggi lemak tetapi dilengkapi dengan rumput laut. Para peneliti mencatat kadar kolesterol turun secara signifikan dari suplementasi rumput laut.

Baca Juga: Lima Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Turunkan Berat Badan

4. Pencegahan diabetes

Menurut penelitian, rumput laut juga memiliki manfaat kesehatan yang bisa membantu mencegah diabetes. Studi di Jepang telah menemukan zat dalam rumput laut yang dikenal sebagai fucoxanthin dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Penelitian lain juga menemukan bahwa rumput laut membantu mencegah lonjakan gula darah pada hewan yang diberi makanan tinggi gula.

Para ahli menambahkan bahwa efek tersebut dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Claudia