blank
Ilustrasi buah rambutan. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Siapa sih yang tidak kenal dengan buah rambutan? Buah dengan nama lain Nephelium Lappaceum L memiliki ciri khas rambut pada kulitnya, buah ini memiliki rasa yang segar dan nikmat saat dimakan. Buah rambutan tidak hanya nikmat dan menyegarkan, tapi ada banyak khasiat yang ditawarkan buah ini.

Dilansir dari Suara.com, rambutan sendiri merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini ketika dikupas dari kulitnya terlihat seperti buah leci. Memiliki kandungan nutrisi yang kaya, menjadikan buah ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan sejumlah manfaat buah rambutan untuk kesehatan. Dilansir dari laman hellosehat.com.

Baca Juga: Tujuh Macam Buah dan Sayur Mengandung Vitamin K Beserta Manfaatnya

1. Melancarkan pencernaan

Rambutan ternyata baik untuk sistem pencernaan. Karena, buah ini terdapat sekitar 50% serat larut dari daging buahnya. Serat larut sendiri adalah serat yang tidak langsung menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.

Manfaat dari serat ini dapat mendorong feses di dalam usus. Sehingga, membantu pencernaan yang kurang lancar.

2. Membantu menurunkan berat badan

Buah rambutan bisa menjadi pilihan untuk menu diet nih! Kamu harus tahu, bahwa setiap 100 gram daging rambutan mengandung sekitar 75 kalori dan 0,8 gram serat.

Baca Juga: 4 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Dengan kandungan serat tinggi dan kalori yang rendah tidak akan membuat kamu gemuk meski kamu konsumsi dalam jumlah yang banyak. Karena, serat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah rambutan memiliki vitamin C, dan diketahui vitamin C nya ini bersifat antioksidan dan antibakteri. Sehingga, dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Dan seperti yang kita tahu, vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk daya tahan tubuh.

4. Menurunkan resiko diabetes

Perlu diketahui, rambutan mengandung geranin pada kulit buahnya. Geranin merupakan jenis ellagitanin yang bersifat antioksidan dan anti peradangan.

Baca Juga: Enam Manfaat Buah Kurma untuk Kecantikan

Dilansir dari penelitian Procedia Food Science, kulit rambutan juga dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk kejelasan manfaatnya ini untuk manusia.

5. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium diketahui dapat mengontrol tekanan darah. Dan kabar baiknya, rambutan mengandung kalium.

Tercatat, dalam 100 gram buah rambutan terdapat sekitar 104 gram kalium. Oleh sebab itu, buah ini baik untuk membantu mengontrol tekanan darah.

Nah, itulah tadi sejumlah manfaat buah rambutan. Semoga bermanfaat.

Claudia