Foto: Tehran Times.
Foto: Tehran Times.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kurma dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan nutrisi yang cukup beragam, mulai dari mineral, vitamin, dan serat. Selain bermanfaat bagi kesehatan, rupanya kandungan ini juga dapat meningkatkan kecantikan.

Dilansir dari Suara.com pada Jumat (8/4/2022), Apa saja manfaat kurma untuk kecantikan yang mungkin belum kamu ketahui?

Mulai dari peremajaan kulit, menghilangkan jerawat, sampai perawatan bibir kering, berbagai hal tersebut bisa kamu lakukan dengan mengkonsumsi kurma secara teratur. Dikutip dari laman life berrys, berikut manfaat kurma untuk kecantikan.

Baca Juga: Keluarga Anda Menghadapi Masalah Keuangan, Simak 5 Tips Ini

1. Mengangkat Komedo

Kandungan vitamin A pada kurma dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati, termasuk komedo membandel yang sering muncul di area hidung. Dengan menghilangkan komedo serta kulit mati pada wajah, akan membuat kulit Anda lebih sehat dan bercahaya.

2. Membantu Peremajaan Kulit

Salah satu cara untuk meremajakan kulit adalah pengelupasan kulit mati. Dengan menggunakan kurma segar, susu murni, dan semolina, kamu dapat membuat masker alami untuk peremajaan kulit.

Caranya, oleskan campuran tersebut dengan air jeruk nipis atau jus jeruk ke area wajah yang perlu dilakukan peremajaan.

Baca Juga: Tren Produk Kecantikan yang Banyak Diminati Sepanjang Tahun 2021

3. Sunburn Relief

Kandungan nutrisi pada kurma terbukti dapat mengobati kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Selain itu, antioksidan dalam kurma bisa membantu melindungi dari radikal bebas dan sinar UV sehingga dapat mencegah kulit dari penuaan dini.

4. Menghilangkan Jerawat

Kandungan vitamin B yang cukup tinggi pada kurma terbukti dapat membantu mengatasi jerawat di wajah. Caranya, cukup campurkan kurma yang sudah ditumbuk dengan madu dan tempelkan pada jerawat.

Kurma juga mengandung protein dan antioksidan yang dapat mencegah semua infeksi kulit yang menyebabkan jerawat.

Baca Juga: Empat Tips Menyimpan Kurma Agar Lebih Tahan Lama dan Fresh

5. Merawat Bibir Kering

Manfaat kurma untuk kecantikan lainnya adalah merawat bibir kering. Dengan mengkonsumsi kurma, kamu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi bibir dari polutan, racun, dan infeksi yang dapat membuatnya kering.

Supaya hasilnya lebih efektif, rendam kurma dengan susu kambing semalaman sebelum dimakan.

6. Anti-Aging

Manfaat kurma untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Kurma dikenal sebagai salah satu buah yang dapat memperkaya nutrisi darah dalam tubuh sehingga membantu mendapatkan kulit yang tampak lebih muda.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga dapat mencegah radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini pada kulit.

Claudia