blank
Kurma. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kurma menjadi buah yang paling favorit untuk dihidangkan saat bulan Ramadan. Rasa yang manis dan lembut, membuat siapa pun ingin menyimpan buah kurma sebagai persediaan selama Ramdan. Anda mungkin butuh tips untuk menyimpan kurma yang benar.

Ada banyak metode mudah untuk menyimpan buah kurma. Mempertahankan kelembapan buah kurma sangat penting karena itulah yang membuat kurma terasa paling enak.

Namun, jika Anda berencana membeli kurma dalam jumlah besar dan menyimpannya dalam jangka waktu panjang, disarankan untuk menyimpannya di lemari es. Itu akan mencegah kurma mengering dan kualitasnya menurun. Yuk, simak tips menyimpan kurma berikut ini!

Baca Juga: Ingin Tetap Glow Up Selama Ramadan, Ini Tipsnya

Dilansir dari Suara.com pada Kamis (7/4/2022), berikut cara menyimpan kurma agar lebih tahan lama dan tetap fresh adalah sebagai berikut:

1. Simpan kurma dalam wadah kedap udara agar tetap segar

Tempatkan kurma Anda dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang sejuk. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kantong vakum jika Anda memiliki penyegel vakum.

2. Kurma kering bisa disimpan di lemari dapur

Anda dapat menyimpan kurma di lemari dapur, tapi pastikan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Dalam menyimpannya, letakkan jauh dari kompor dan oven atau perangkat lain yang menghasilkan panas.

Baca Juga: 7 Tips Puasa Sehat yang Perlu Anda Ketahui

3. Kurma segar harus disimpan di lemari es

Kurma lunak/segar harus disimpan di dalam lemari es karena meletakkannya di suhu luar dapat mempengaruhi kualitas dan rasanya.

Kurma sebenarnya tidak memerlukan pendinginan dalam lemari es, namun itu bukan ide buruk. Ini akan membantu Anda mempertahankan kualitas kurma lebih lama, bahkan hingga satu tahun. Sedangkan, kurma hanya bertahan selama 1-3 bulan pada suhu ruangan.

4. Sebagai alternatif, kurma segar dapat disimpan dalam kantong freezer

Keluarkan udara dari kantong dan tutup rapat sebelum memasukkan kurma ke dalamnya. Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udara seperti toples plastik.

Kurma segar sangat cocok untuk dibekukan. Namun, kurma segar harus dimakan paling lama dalam waktu enam minggu setelah dicairkan.

Nah, itulah beberapa tips menyimpan kurma agar tetap fresh dan enak untuk dimakan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Claudia