blank
Ilustrasi daun pandan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pohon pandan termasuk jenis tumbuhan monokotil yang mudah tumbuh di sembarang tempat. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Tenggara. Biasanya tumbuh di tepi-tepi selokan dan tempat-tempat yang lembab.

Dilansir dari Suara.com, daun pandan berbentuk seperti bilah pedang yang memanjang. Umumnya daun pandan digunakan sebagai bahan pewarna dan pengharum makanan, seperti kolak dan bubur kacang ijo. Dan sering juga dimanfaatkan untuk acara-acara tradisional seperti kelahiran dan kematian.

Ternyata, daun pandan tidak hanya bermanfaat untuk pewarna dan pengharum makanan, serta digunakan dalam acara-acara kelahiran dan kematian, namun sebab kandungan kimia yang terdapat pada daun pandan juga bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Tim PkM Dosen MKU USM Beri Pelatihan Menjaga Kesehatan Lutut pada Lansia

Kandungan kimia yang terdapat pada daun pandan adalah berupa polifenol, alkaloid, tannin, saponin, dan flavoida.

Berikut empat manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh dan keindahan rambut kepala, berdasarkan sumber tulisan S. Wibowo dalam Herbal Ajaib.

1. Mengobati penyakit rematik dan pegal linu

Cara untuk mengobati penyakit rematik dan pegal linu menggunakan daun pandan ialah dengan menyeduh tiga lembar daun pandan menggunakan setengah gelas minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Aduk sampai rata, lalu oleskan minyak tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

Baca Juga: Jenis Sayuran Ungu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

2. Mengobati gelisah

Rasa gelisah sangatlah mengganggu ketenangan hidup, bahkan tidak jarang, sebab ditimpa gelisah, seseorang tidak mau makan dan tidak bisa tidur. Zat tannin yang terkandung pada daun pandan memiliki efek untuk memberikan rasa tenang.

Caranya, dengan menyeduh daun pandan secukupnya dengan air mendidih, lalu meminumnya dua sampai tiga kali dalam sehari.

3. Mengobati lemah saraf

Lemah saraf bisa diobati dengan daun pandan. Caranya, rebus tiga lembar daun pandan menggunakan lima gelas air sampai mendidih dan tersisa hingga seukuran tiga gelas. Lalu, saring hasil rebusan tersebut untuk diminum dua kali sehari, yaitu pagi dan sore, masing-masing satu gelas.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Simak Yuk…

4. Menghitamkan rambut

Daun pandan dapat digunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya dengan merebus tujuh lembar daun pandan menggunakan satu liter air sampai warna air berubah menjadi hijau. Lalu, dinginkan dan biarkan di udara terbuka selama satu malam. Setelah itu, campurkan air tersebut dengan perasan buah mengkudu dan gunakan untuk keramas tiga kali seminggu.

Inilah empat manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh serta keindahan rambut kepala. Semoga bermanfaat.

Claudia