blank
Sayuran ungu. Foto: Pixabay.com/georilla/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagian orang mungkin lebih tertarik dengan menu makanan yang berwarna-warni. Ada jenis sayuran yang warnanya cukup unik, salah satunya adalah sayuran berwarna ungu.

Anda bisa memanfaatkan jenis sayuran berwarna ungu ini, karena ada anggapan bahwa sayuran sehat dengan warna gelap, seperti warna ungu mempunyai kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Hal itu terbukti, ternyata dalam sayuran ungu mengandung antioksidan anthocyanin yang sangat baik untuk dikonsumsi.

Dikutip dari Suara.com (sehatq.com), ada empat jenis sayuran ungu yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Terong

Terong adalah salah satu jenis sayuran yang gampang ditemukam dan harganya pun terjangkau. Di dalam sayur terong ini terdapat kandungan antioksidan dan mangan yakni jenis mineral yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme tubuh.

Pada kulit terong yang berwarna ungu ini mengandung anthocyanin nasunin yang mana adalah zat yang bisa mencegah peradangan dan jaga kesehatan jantung.

2. Kol ungu

Sayuran ungu lainnya yakni ada kol ungu yang masuk dalam kelompok cruciferous vegetable atau kembang kol yang mengandung anthocyanin jauh lebih banyak dibandingkan dengan kol hijau.

Warna kol ungu yang mencolok ini kerap dimasukkan ke dalam salad dan manfaat mengonsumsi sayuran ini adalah mencegah peradangan, melindungi dari kanker usus, dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

3. Wortel ungu

Mungkin sebagian orang merasa asing dengan wortel berwarna ungu yang mempunyai rasa manis, dengan tekstur renyah. Kemudian di dalamnya terdapat banyak kandungan zat antioksidan sepertianthocyanin, cinnamic acid, dan chlorogenic acid.

Apabila dibandingkan dengan jenis wortel lainnya jumlah antioksidan polifenol wortel ungu lebih banyak. Selain itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya akan polifenol secara berkala lebih rendah berisiko penyakit jantung, obesitas dan diabetes.

4. Ubi ungu

Ubi ungu ini mempunyai rasa yang manis dan juga mengenyangkan dan cocok sebagai sumber karbohidrat. Kemudian, kandungan dalam ubi ungu ini adalah anthocanin yang menyehatkan kesehatan jantung dan mata.

Itulah empat jenis sayuran berwarna ungu yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat…

Ning Suparningsih