blank
Ilustrasi minyak zaitun. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Minyak zaitun adalah minyak alami yang terbuat dari ekstrak buah zaitun. Minyak zaitun kerapkali dipakai sebagai salah satu alternatif minyak memasak yang diklaim lebih sehat.

Dilansir dari Suara.com tetapi, minyak zaitu lebih popular sebagai salah satu bahan untuk merawat kecantikan rumahan yang sangat murah meriah namun tidak bisa dianggap remeh. Salah satu manfaat dari minyak zaitu yang paling umum yaitu sebagai pelembab alami.

Merangkum dari Alodokter dan Hellosehat, berikut beberapa kelebihan mengolah masakan rumah menggunakan minyak zaitun:

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Keindahan Rambut

1. Mencegah diabetes

Minyak zaitun mempunyai peran yang cukup besar dalam melawan diabetes. Hal tersebut disebabkan karena adanya kandungan polifenol di dalam minyak zaitun yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah serta membantu untuk meningkatkan hormon insulin.

2. Menjaga kesehatan hati

Dalam sejumlah penelitian menyatakan bahwa minyak zaitun juga berfungsi untuk melindungi kesehatan organ hati dari stres oksidatif, yang bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker, jantung dan juga gangguan yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

3. Mencegah risiko terkena kanker

Minyak zaitun mengandung antioksidan didalamnya yang mampu untuk mencegah kerusakan yang ada di sel tubuh, yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Hal tersebut menjadikan minyak zaitun memiliki khasiat untuk membantu mengurangi adanya risiko penyakit kanker.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Simak Yuk…

4. Mengatasi radang sendi

Menggunakan minyak zaitun untuk memasak juga dipercaya dapat membantu untuk mengatasi nyeri pada sendi. Supaya manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal, maka kamu dapat mencampurkan minyak zaitun dengan minyak ikan yang memiliki kandungan omega-3 lebih banyak sebagai antiradang.

5. Membersihkan usus

Selain mengandung antioksidan yang mampu untuk mencegah dan mengatasi risiko penyakit kronis, ternyata minyak zaitun juga mempunyai sifat antibakteri yang dapat membantu untuk memperlambat serta membunuh adanya sebuah kuman yang menyebabkan penyakit. Salah satunya yaitu Helicobacter pylori, bakteri yang ada dalam usus manusia yang bisa mengakibatkan ulkus lambung dan juga kanker perut.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat memasak menggunakan minyak zaitun, semoga bermanfaat.

Claudia