blank
Ilustrasi kunyit putih. Foto: pixabay/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Rempah-rempah banyak sekali manfaatnya. Sebut saja kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah yang sudah dikenal sejak lama.

Kunyit juga dikenal sebagai salah satu herbal yang memiliki banyak manfaat, begitu juga dengan kunyit putih. Kunyit putih ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat kunyit putih untuk kesehatan?

Dikutip dari Suara.com, kunyit putih memiliki nama ilmiah Zedoaria atau Curcuma Zedoaria. Kunyit putih merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang hampir seluruh bagiannya, seperti akar, minyak, dan daunnya dapat digunakan untuk obat.

Tanaman yang terdapat di daratan Indonesia dan India ini juga telah banyak dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai kawasan Asia lainnya.

Ciri-ciri kunyit putih agak berbeda dengan kunyit oranye. Tekstur dagingnya lebih lembut dan rasanya cenderung mirip jahe. Namun meninggalkan jejak rasa pahit di ujungnya. Dalam dunia pengobatan, kunyit putih tua ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Di bawah ini, ada beberapa manfaat kunyit putih

Jika dibandingkan dengan kunyit putih, kunyit kuning lebih mudah ditemukan. Namun, manfaat kunyit putih untuk kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari akar, minyak dan daun kunyit putih, bisa digunakan sebagai obat. Apa saja manfaat kunyit putih?

1. Antimikroba dan antijamur

Kunyit putih bersifat antimikroba dan antijamur yang terbukti mampu melawan sejumlah spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti E. Coli, gangguan pencernaan, Staphylococcus aureus, bisul, sepsis, impetigo, selulitis, dan osteomielitis.

Kunyit putih untuk kesehatan dapat melawan infeksi jamur, seperti Candida dan Aspergillus, serta menghambat aktivitas jamur lain dalam tubuh manusia. Selain itu, manfaat kunyit putih berkontribusi dalam mengurangi jumlah bakteri jahat di mulut, dengan hasil yang setara dengan produk obat kumur yang biasa dijual di pasaran.

2. Obat alergi alami

Senyawa kurkuminoid yang terkandung dalam kunyit putih, bermanfaat sebagai antialergi, dan terbukti dapat mengatasi gejala alergi pada kulit. Sebagai obat anti alergi, kunyit putih bekerja seperti antihistamin yang berfungsi menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat kimia yang memicu reaksi alergi.

3. Mencegah kanker

Meski efektivitasnya dalam mengatasi kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun kandungan Ribosome Inacting Protein dalam kunyit putih diduga mampu mencegah, memecah, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker di dalam tubuh, tanpa merusak sel di sekitarnya. Selain itu, kunyit putih juga dipercaya mampu menghambat metastasis kanker dari satu organ ke organ lainnya.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Dari ribuan tahun yang telah dilalui kunyit putih dalam dunia pengobatan tradisional, khasiatnya dalam mengatasi masalah pencernaan seharusnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Minyak atsiri dari kunyit putih ini cukup bermanfaat untuk mengobati sakit maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah perut lainnya.

5. Menghilangkan rasa sakit

Kunyit putih bermanfaat jugs untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan kunyit putih bersifat analgesik.

6. Penangkal bisa ular

Ekstrak dari khasiat kunyit putih bisa menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penangkal dan menghambat aktivitas bisa ular di dalam tubuh.

Itu tadi manfaat kunyit putih bagi kesehatan yang perlu diketahui. Alangkah baiknya jika berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi kunyit putih ini. Semoga bermanfaat ya…

Ning Suparningsih