blank
Ilustrasi kaki cidera . Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kaki keseleo umumnya terjadi ketika beraktivitas di luar ruangan seperti berolahraga, bekerja di luar ruangan, berlari, kaki terinjak, kecelakaan atau hanya berjalan sekalipun. Cedera ini terjadi ketika seseorang memutar pergelangan kaki yang tidak wajar. Hal ini dapat menyebabkan ligamen pada pergelangan kaki meregang atau robek.

Dilansir dari Suara.com, ligamen merupakan bagian kaki yang bertugas untuk menstabilkan sendi dan mencegah gerakan berlebih. Kaki keseleo ini sebagian besar berdampak pada cedera ligamen di sisi luar pergelangan kaki.

Sebagian besar kasus pergelangan kaki keseleo ini bersifat ringan dan dapat diatasi sendiri di rumah. Namun tidak jarang keseleo bisa berakibat fatal jika kondisinya sudah parah. Anda diharuskan untuk segera mendapatkan perawatan medis dari dokter apabila keseleo yang dialami semakin parah.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Olahan Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila Anda mengalami keseleo pada kaki, sebaiknya untuk segera melakukan perawatan mandiri di rumah demi mencegah semakin parahnya cedera. Lantas bagaimana cara mengobati kaki keseleo di rumah? Simak ulasannya berikut.

Tujuan dari perawatan kaki keseleo ini adalah untuk mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan penyembuhan ligamen pada pergelangan kaki. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Istirahat dengan cukup

Istirahatkan pergelangan kaki Anda sebagai tahap pertama penyembuhan. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat dan mengharuskan untuk berjalan jauh yang dapat memperparah cedera seperti berolahraga.

Baca Juga:Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Salah Satunya Dapat Mengatasi Insomnia

2. Kompres dengan es

Kompres pergelangan kaki dengan es dapat mengurangi aliran darah ke cedera dan dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan pada kaki. Dilansir dari Medical News Today, disarankan untuk mengompres kaki dengan es selama 10 – 20 menit setiap hari dengan membungkus es dengan handuk.

3. Meninggikan pergelangan kaki

Anda dapat mengangkat dan meninggikan pergelangan kaki keseleo yang disangga dengan bantal saat tidur maupun duduk beristirahat. Pastikan kaki tetap terangkat lebih tinggi dari jantung.

4. Peregangan

Jika kaki mulai membaik, mulailah untuk melakukan peregangan agar sirkulasi darah dapat mengalir lebih lancar dan dapat membantu Anda cepat untuk sembuh. Caranya adalah dengan meregangkan pergelangan kaki ke segala arah, menekuk kaki ke depan dan ke belakang atau putar searah jarum jam.

Baca Juga: Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Salah Satunya Dapat Mengatasi Insomnia

5. Pijat

Pijat dapat membantu Anda untuk meringankan rasa sakit dan meningkatkan aliran darah yang area keseleo. Anda dapat memijat bagian bawah kaki atau tumit dengan perlahan. Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan jasa terapis yang berpengalaman untuk membantu Anda mengatasi keseleo.

Itulah ulasan singkat seputar cara mengobati kaki keseleo dengan penanganan sendiri di rumah yang dapat Anda lakukan. Jika keseleo tidak kunjung membaik, Anda diharuskan untuk meminta pertolongan medis lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Claudia