blank
Ilustrasi buah pepaya. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jika Anda adalah seorang penderita diabetes, ini menandakan bahwa tubuh Anda tidak menghasilkan salah satu hormon yang penting yaitu hormon insulin.

Dilansir dari Suara.com, tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan sempurna. Saat tubuh Anda tidak memiliki cukup insulin atau berhenti merespons hormon insulin, maka yang terjadi adalah terlalu banyak gula darah yang tertinggal di aliran darah Anda.

Berdasarkan tinjauan dari dr. Mikhael Yosia secara medis yang dimuat dalam hellosehat.com, kondisi tersebut akan menimbulkan komplikasi diabetes yang serius, penyakit-penyakit komplikasi yang akan muncul tersebut seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan atau bahkan penyakit ginjal.

Baca Juga: Tips Mengobati Kaki Keseleo untuk Pertolongan Pertama

Lantas, hal apa yang menjadi alasan mengonsumsi buah pepaya untuk penderita diabetes? Berikut tiga alasan mengapa mengonsumsi buah pepaya berbahaya bagi penderita diabetes:

1. Tingginya Kandungan Gula yang Ada pada Buah Pepaya

Buah Pepaya atau buah yang memiliki nama latin Carica papaya ini memiliki kadar gula yang cukup banyak untuk pengidap diabetes. Menurut dr. Mikhael Yosia, dalam ukuran 100 gram pada buah pepaya kira-kira terdapat 7,82 gram gula.

Jika Anda mengonsumsi sebanyak 300 gram maka kadar gula yang ada dalam tubuh melalui buah pepaya saja sebanyak 23,46 gram.

Baca Juga: 3 Manfaat Kopi Cold Brew bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

2. Konsumsi Pepaya dalam Jumlah yang Banyak

Mengutip dari akun resmi Youtube milik American Health Association telah menyebutkan bahwa jika seorang manusia mengonsumsi terlalu banyak gula, maka tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Anda harus melihat anjuran yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dalam laman resminya kemkes.go.id, Kemenkes Republik Indonesia menganjurkan bahwa kita harus konsumsi gula 10% dari total energi (200 kkal) atau bisa dikatakan setara dengan 4 sendok makan per orang per hari (50 g per orang per hari).

Baca Juga: Film Batgirl ‘Irredeemable’ Mendadak Dibatalkan, meski Hampir Rampung

Apabila Anda adalah seorang penderita diabetes, maka Anda harus mengonsumsi gula dengan takaran yang lebih rendah daripada yang anjuran Kemenkes RI.

3. Mencampur Buah Pepaya Dengan Bahan Makanan yang Salah

Banyak yang mengira kalau buah-buahan dicampur dengan bahan lain membuat kandungan yang diserap tubuh menjadi lebih baik. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua bahan makanan bagus dan cocok untuk dicampur dengan buah-buahan terutama buah pepaya.

Salah satu contohnya, jika Anda mengonsumsi dan mencampur buah pepaya dengan yoghurt, maka itu akan berdampak dengan peningkatan gula dalam darah.

Mengutip dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ Open yang dimuat dalam klikdokter.com, para peneliti di Inggris meneliti bahwa rata-rata kandungan gula pada yoghurt melebihi ambang gula rendah di bawah peraturan Uni Eropa.

Baca Juga: 3 Manfaat Kopi Cold Brew bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Jika ditelaah lebih lanjut, mengarah pada tinjauan Jessica Bennett, seorang ahli diet klinis di Vanderbilt University Medical Center, Tennessee, Amerika Serikat yang dimuat juga dalam klikdokter.com, mengatakan banyak yoghurt memiliki kandungan gula berlebih. Jadi, buah pepaya sangat rentan jika dicampur dengan bahan dan olahan manis lainnya.

Itulah ketiga alasan mengapa mengonsumsi buah pepaya berbahaya bagi penderita diabetes. Namun, jika Anda adalah seorang penderita diabetes dan ingin mengonsumsi buah pepaya maka harus mengikuti anjuran dokter, ya!

Claudia