blank
Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali manfaatkan lahan terbatas menjadi lahan pertanian untuk sarana pembinaan WBP dalam budidaya semangka. Foto: Dok/ Rutan Boyolali

BOYOLALI (SUARABARU.ID) – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Boyolali memanfaatkan lahan terbatas menjadi lahan pertanian bagi sarana pembinaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Di atas tanah seluas kurang lebih 600m2, Rutan Boyolali berhasil membudidayakan buah semangka. Ini menjadil satu-satunya budidaya semangka di Lapas/Rutan di Jawa Tengah.

“Saat ini kami kembangkan budidaya semangka yang dilakukan oleh petugas dan beberapa WBP yang memiliki keahlian di bidang pertanian,” terang Karutan Boyolali, Agus Imam Taufik, Kamis (24/8/2022).

Menurut Karutan, pengembangan budidaya ini sudah berjalan selama kurang lebih 3 bulan.

Dikatakan bahwa hasil budidaya ini bukan untuk dijual, melainkan untuk memberikan pengetahuan, khususnya bagi WBP dalam hal pertanian. Sementara buah semangka itu nantinya dapat dinikmati bersama oleh WBP.

“Ini adalah bagaimana kita mengajarkan kepada WBP dari proses menanam sampai berbuah dan nanti dinikmati bersama,” tuturnya.

Imam mengaku puas dengan hasil dari budidaya semangka ini. “Alhamdulillah dari penanaman kemarin hasilnya sudah sangat memuaskan. Dari lahan ini bisa menghasilkan sampai 3 karung lebih,” tandas Karutan Boyolali.

Selain pemanfaatan lahan untuk budidaya semangka, Rutan Boyolali juga melakukan budidaya perikanan yaitu ikan lele.

Ning Suparningsih