blank
Ilustrasi biji kopi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kebiasaan yang banyak orang lakukan pada pagi hari adalah sarapan sambil menyeruput secangkir kopi hangat. Beberapa orang bahkan melewatkan sarapan dan hanya meminum secangkir kopi saja.

Dilansira dari Suara.com namun, tak semua orang sadar bahwa kebiasaan meminum kopi dalam keadaan perut kosong adalah kebiasaan yang buruk. Berikut 3 masalah yang akan muncul setelah minum kopi saat perut kosong:

1. Timbulnya Asam Lambung Naik

Mengutip dari dr. Tania Savitri dalam hellosehat.com, asam lambung merupakan cairan bersifat korosif kuat yang kalau dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa ada makanan apapun untuk diolah maka bisa merusak lapisan lambung setelah paparan berulang.

Baca Juga: Tujuh Manfaat Madu Murni Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menyembuhkan Luka

Tak hanya itu, minum kopi saat perut kosong bisa menimbulkan keasaman perut secara meningkat dan ini menjadi penyebab perut mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

2. Meningkatkan Kadar Hormon Stres

Dalam tinjauan dr. Merry Dame Cristy Pane melalui alodokter.com, hormon kortisol atau hormon stres merupakan hormon yang berfungsi untuk mengatur suasana hati, motivasi dan rasa takut seseorang. Hormon ini juga mengatur metabolisme, tekanan darah serta kadar gula darah.

dr. Mery Dame Cristy Pane menambahkan bahwa secara alami kadar hormon kortisol akan mengalami peningkatan pada saat bangun tidur dan fase awal tidur.

Baca Juga: Lima Manfaat Mengonsumsi Olahan Ikan Gabus Bagi Kesehatan Tubuh

Ketika kadarnya meningkat, hormon kortisol bisa timbul berbagai masalah kesehatan, misalnya hipertensi, diabetes, gangguan tidur, hingga gangguan mood (suasana hati).

3. Munculnya Dehidrasi

Jika Anda sering melakukan kebiasaan meminum kopi sebelum sarapan, maka akan muncul masalah baru yang akan Anda alami. Meminum kopi sebelum sarapan bisa menjadi penyebab peningkatan risiko seseorang mengalami dehidrasi.

Hal ini diperkuat dengan tinjauan dr. Rizal Fadhli dalam halodoc.com yang mengatakan bahwa kondisi ini disebabkan karena kandungan kafein pada kopi bisa mengakibatkan peningkatan frekuensi buang air kecil.

Baca Juga: Enam Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Selain itu, ada beberapa tanda-tanda dehidrasi yang perlu Anda perhatikan, misalnya seperti hilangnya keelastisitasan kulit, urine berwarna gelap, aroma urine yang sangat kuat, pusing, mengantuk serta denyut jantung yang lebih cepat.

Itulah ketiga masalah yang akan muncul jika Anda menerapkan kebiasaan meminum kopi dalam keadaan perut kosong. Anda harus mengubah kebiasaan ini, ya!

Claudia