blank
ilustrasi Insomnia. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Selama ini, kita mengenal insomnia sebagai salah satu gangguan tidur yang cukup umum dialami. Gangguan yang menyebabkan kita sulit tidur itu terkadang cukup mengganggu aktivitas harian karena kita kekurangan jam tidur.

Dilansir dari Suara.com pada Selasa (12/7/2022)akan tetapi, ternyata masih ada begitu banyak gangguan tidur yang bisa mengganggu kita.

Apa saja ya? Melansir dari klikdokter.com, berikut macam gangguan tidur yang perlu untuk kita ketahui.

Baca Juga: Manfaat Mengonsumsi Rumput Laut Bagi Kesehatan

1. Parasomnia

Apakah kamu pernah mendengar cerita seseorang yang berjalan saat tengah dalam keadaan tertidur? Atau, mungkin, dari kita sendiri pernah mengalami kejadian itu? Jika pernah, maka bisa jadi kita mengalami parasomnia. Apa itu parasomnia?

Parasomnia adalah suatu jenis gangguan tidur yang membuat perilaku kita terkesan abnormal atau tidak normal saat tidur. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berjalan saat tidur adalah salah satu jenis parasomnia.

Selain itu, ada beberapa tanda parasomnia yang lainnya seperti mengigau, mimpi buruk, menggertakkan gigi, bahkan mengompol juga termasuk ke dalamnya.

Baca Juga: Tiga Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Mengatasi Stress

2. Sleep Apnea

Biasanya, saat kelelahan, kita akan mengeluarkan suara atau mendengkur ketika tidur. Kelihatannya, mendengkur adalah keadaan yang normal, tapi siapa sangka bila mendengkur juga termasuk suatu gangguan tidur? Dan, ternyata, ada hal yang jauh lebih serius dibanding mendengkur, yaitu sleep apnea.

Sleep apnea adalah salah satu di antara banyaknya gangguan tidur yang di mana dianggap cukup serius. Sebab, sleep apnea dapat membuat tubuh kita menjadi kekurangan oksigen serta dapat menjadikan kita terjaga sepanjang malamnya.

Untuk mengatasinya, ada beberapa terapi OSA yang bisa kita pilih, satu diantaranya ialah menggunakan masker oksigen dengan tekanan khusus.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Simak Yuk…

3. Narkolepsi

Narkolepsi adalah suatu gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk berlebih saat siang hari, serta menimbulkan serangan tidur yang membuat kita bisa tertidur kapan saja dan di mana saja.

Narkolepsi dapat diatasi dengan perbaikan pola tidur, seperti memenuhi waktu tidur secara cukup, mengatur stres dengan baik, serta mempunyai jadwal tidur yang teratur.

4. Kelumpuhan Tidur (Sleep Paralysis)

Jika kamu pernah mendengar kata ‘ketindihan’, maka dalam istilah medis hal ini dinamakan sleep paralysis atau kelumpuhan tidur. Biasanya, kelumpuhan tidur ini sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis.

Baca Juga: Lima Khasiat Buah Strawberry Bagi Kesehatan Tubuh

Orang yang mengalami kelumpuhan tidur biasanya ditandai dengan ketidakmampuan untuk bergerak sementara, seperti saat hendak beralih dari tidur ke posisi bangun. Kondisi yang satu ini dianggap cukup menyeramkan.

Meski orang-orang percaya hal itu terjadi karena ulah makhluk halus, namun sleep paralysis ini dapat terjadi ketika kita memasuki peralihan antara tidur dan tetap terjaga. Selain itu, kondisi sleep paralysis juga merupakan gejala narkolepsi yang berkaitan dengan suatu gangguan neurologis.

Itu adalah beberapa gangguan tidur yang mungkin jarang kita dengar. Adakah yang pernah mengalaminya?

Claudia