blank
Ilustrasi mendengarkan musik. Foto; Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mendengarkan musik ternyata ada manfaatnya bagi kesehatan. Seperti diketahui, perpaduan irama dan lirik dalam musik ini dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental dan emosional. Pasalnya, musik secara tidak langsung dapat memengaruhi pikiran, perasaan dan juga perilaku seseorang.

Dilansir dari Suara.com, hal ini terlihat sekali apabila saat kamu mendengarkan musik dengan berbagai irama akan terbawa oleh suasananya. Dalam sebuah penelitian musik ternyata bermanfaat bagi kesehatan diantaranya yakni menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan mengelola rasa sakit.

Dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah tiga manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Empat Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan dan Keindahan Rambut

1. Dapat meningkatkan suasana hati

Saat mendengarkan musik, hal ini dapat memengaruhi suasana hati seseorang sehingga dapat dijadikan terapi relaksasi. Dalam sebuah penelitian mendengarkan musik bernada ceria dapat membuat susana hati seseorang lebih baik.

Terapi musik juga dapat meningkatkan konsentrasi dan memori kesehatan otak serta masalah kesehatan yang berhubungan dengan emosional.

2. Dapat mengatasi gangguan tidur

Apabila kamu sering mengalami gangguan tidur seperti insomnia musik dapat menjadi solusinya. Seperti dalam sebuah penelitian orang yang mendengarkan musik sebelum tidur, akan dapat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Empat Manfaat Buah Jujube, Salah Satunya Dapat Mengatasi Insomnia

Pasalnya, musik dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Kemudian, kamu juga bisa memilih musik dengan alunan yang lembut dan pelan dan menghindari mendengarkan musik dengan headset.

3. Dapat mengatasi stres

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat sembuh dari stres. Hal ini karena dengan mendengarkan musik maka dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol atau stres dalam tubuh.

Selain itu, mendengarkan musik juga dapat mengurangi gejala depresi. Sejatinya setiap orang mempunyai selera musik yang berbeda-beda, maka dari itu bisa mendengarkan alunan musik sesuai dengan keinginan masing-masing.

Baca Juga: Manfaatkan Tik-Tok sebagai Media Pembelajaran

Selain itu, untuk menjaga kesehatan tubuh kita tidak hanya dengan mendengarkan musik saja. Kita pun perlu menjalani hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, mencukupi waktu istirahat, dan berolahraga secara teratur.

Claudia