blank
Ilustrasi buah jujube. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Jujube mungkin terdengar sedikit aneh untuk nama buah. Akan tetapi, buah ini memiliki kandungunga nutrisi tinggi.

Dilansir dari Suara.com, Buah dengan nama ilmiah Ziziphus jujuba ini memiliki kelopak kecil berwarna hijau kekuningan dan buah berbiji yang seukuran kurma. Lantas, apa saja manfaat jujube?

Diketahui, buah-buahan ini berasal dari Asia selatan, termasuk Cina selatan dan tengah. Namun, sekarang telah diperkenalkan ke seluruh dunia, terutama Eropa, dan tersedia di banyak toko impor buah eksotis. Jujube dikenal juga dengan sebutan kurma Cina atau kurma merah.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Simak Yuk…

Yang paling menakjubkan tentang buah jujube adalah bahwa ia sudah tumbuh lebih dari 10.000 tahun. Pada masa tersebut, lebih dari 400 kultivar yang berbeda ditemukan.

Dalam penggunaan kuliner, jujube dikonsumsi sebagai buah, permen kering atau dalam bentuk jus. Di beberapa negara, bijinya dibuang dan dagingnya ditumbuk dengan gula dan buah- buahan lain menjadi kue yang bisa dijemur.

Terlepas dari bagaimana cara jujube dikonsumsi, antioksidan kuat dan senyawa organik yang ditemukan dalam buah yang mengesankan ini akan memberi Anda berbagai efek yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah mlansir dari sejumlah sumber, berikut ini manfaat jujube yang menarik untuk diketahui.

Baca Juga: Jenis Sayuran Ungu yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

1. Membantu Mengtasi Insonmia

Bagi orang yang menderita insomnia atau gelisah, mengkonsumsi ekstrak biji buah jujube bisa menjadi obat yang baik. Sifat menenangkan dari senyawa organik yang terkandung dalam buah yang bermanfaat ini dapat menenangkan tubuh dan pikiran, jadi jika Anda merasa tidak bisa tidur di malam hari, mungkin rebusan jujube kecil adalah yang Anda butuhkan.

2. Mengatur Sirkulasi

Buah jujube adalah sumber yang kaya akan zat besi dan fosfor, yang merupakan bahan utama dalam sel darah merah. Jika Anda mengalami anemia, ini berguna untuk meningkatkan asupan zat besi dan fosfor dan membantu juga dalam meningkatkan aliran darah hingga mengoksidasi sistem organ Anda lebih efektif.

3. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Dengan meningkatkan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi (yang semuanya terdapat dalam jujube), Anda dapat memastikan tulang Anda tetap tangguh dan kuat. Seiring bertambahnya usia, kita cenderung menderita osteoporosis dan kondisi penurunan tulang lainnya, jadi menambahkan buah jujube ke dalam makanan Anda dapat memperlambat atau masalah tulang tersebut.

Baca Juga: Tiga Manfaat Mencium Aroma Kopi Bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Imunitas

Jujube bermanfaat juga bagi sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Pasalnya buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, termasuk vitamin C, vitamin A, dan berbagai senyawa organik dan asam.

Kandungan antioksidan ini berguna untuk menetralisir radikal bebas, yang menyebabkan berbagai banyak penyakit kronis. Vitamin C juga merangsang produksi sel darah putih, yang berguna untuk merangsanh sistem kekebalan tubuh.

Claudia