blank
Ilustrasi biji kopi. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Hampir setiap orang pasti suka meminum kopi dan bahkan di antara mereka ada yang mengaku suka dengan aroma kopi yang harum tersebut.

Mungkin tak banyak yang mengetahui kalau aroma kopi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan para ahli dari Stevens Institute of Technology di negara Amerika Serikat menyebutkan sebuah fakta menarik tentang aroma kopi.

Dilansir dari Suara.com, disebutkan bahwa aroma kopi ternyata dapat meningkatkan performa otak kita dalam menganalisa berbagai macam hal.

Baca Juga: Manfaatkan Tik-Tok sebagai Media Pembelajaran

Seperti dirangkum dari laman ladiestory.id, berikut ini adalah tiga manfaat mencium aroma kopi bagi kesehatan yang jarang orang ketahui.

1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Pada dasarnya aroma kopi ini dapat memberikan efek terapi dan aroma terapi inilah yang membuat para penyuka kopi akan lebih berenergi secara alami.

Kemudian, kamu pun bisa menggunakan parfum kopi ini sebagai aromaterapi sebelum berangkat kerja.

Baca Juga: 3 Manfaat Memberi Maaf bagi Kesehatan Tubuh

Selain itu, pengharum kopi yang ditaruh di dalam mobil juga dapat digunakan agar kita lebih bersemangat dan berenergi kala beraktivitas.

2. Penetral Aroma

Manfaat lain dari aroma kopi adalah sebagai penetral aroma karena mungkin saja kita kerap merasakan pusing dengan aroma yang kuat seperti cat dinding atau hal lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan pengharum ruangan dengan aroma kopi yang harum dan kuat ini.

Baca Juga: Lima Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan, Salah Satunya Dapat Turunkan Berat Badan

Kemudian, bisa juga dengan memanfaatkan ampas kopi atau biji kopi yang diletakkan pada ujung tembok ruangan.

3. Hilangkan Stres

Dalam sebuah penelitian setidaknya ada 800 kandungan di dalam kopi dan masih mempunyai hubungan erat dengan aroma kopi yang khas tersebut.

Sejatinya, kopi mempunyai kandungan senyawa heterosiklik yang tinggi dan hal inilah yang memengaruhi aroma kopi itu sendiri.

Baca Juga: Tips Memanfaatkan Pinjaman Online Secara Tepat Agar Tidak Buntung

Kopi yang tumbuh alami dari sebuah pohon kopi hingga menghasilkan biji kopi ini juga dapat digunakan sebagai pengharum ruangan.

Kemudian dari aroma biji kopi tersebut alam mengeluarkan wangi yang alami dan dapat membuat perasaan kamu lebih tenang dan bahagia.

Claudia