blank
Munjinah, S.Pd. Guru TK TA Srobyong 2 Mlonggo Jepara (Foto: Munjinah)

Oleh : Munjinah, S.Pd.

Sebagai guru taman kanak-kanak, media pembelajaran merupakan hal yang penting sebagai perantara dalam menyampaikan materi belajar kepada murid. Mendesain media pembelajaran agar menarik merupakan tantangan tersendiri untuk membangkitkan minat belajar dan motivasi murid. Terdapat berbagai jenis media pembelajaran, yaitu media visual, audio, dan audiovisual. Salah satu media audiovisual yang dapat dimanfaatkan adalah Tik-tok.

blank
Para peserta didik TK TA Srobyong 2 Mlonggo Jepara (Foto: Munjinah)

Media Tik-tok sangat diminati murid TK

          Sekarang ini siapa yang tidak mengenal tik-tok, dari balita hingga dewasa bahkan kategori usia lanjut pun gemar mengakses aplikasi ini. Tik-tok adalah sejenis aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore yang terdapat dalam ponsel pintar. Di dalamnya terdapat jutaan video singkat yang dapat ditonton, bahkan di aplikasi tersebut memperbolehkan pemakainya untuk membuat video musik mereka sendiri. Murid TK TA Srobyong 2 yang notabene adalah anak-anak dengan rentang usia 4 – 6 tahun, sudah sangat akrab dengan aplikasi tersebut, mereka dengan mudah mengakses video musik tik-tok melalui ponsel pintar. Dan tak dipungkiri konten dalam tik-tok menjadi hal yang paling digemari saat ini.

Memanfaatkan konten tik-tok untuk media pembelajaran

          Karena kondisi murid TK TA Srobyong 2 yang gemar mengakses tik-tok itulah, guru berinisiatif untuk memanfaatkan konten video dalam tik-tok tersebut untuk membantu murid memahami materi dengan cepat, menyenangkan dan tanpa paksaan. Di dalam tik-tok kita dapat mencari video-video yang sesuai dengan kebutuhan kita, atau bahkan mengunggah konten edukatif seperti dongeng, cara berhitung, bahkan pembelajaran islami seperti mengajarkan cara berwudhu yang benar.

Link contoh pembelajaran wudhu : https://vt.tiktok.com/ZSdVEM9Qo/?k=1

Link contoh mengajarkan berhitung : https://vt.tiktok.com/ZSdVELVfK/?k=1

Ajak Orangtua untuk memonitor aktivitas murid

          Sejauh ini media aplikasi tik-tok sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas pembelajaran murid. Murid menjadi lebih semangat, termotivasi dan cepat menangkap pelajaran. Namun sebagai guru tak lupa mengingatkan orangtua murid untuk selalu memantau aktivitas putra-putri mereka saat menggunakan aplikasi ini. Hendaknya sebagai orangtua lebih bijak dengan membatasi dan mendampingi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Penulis adalah Guru TK TA Srobyong 2 Mlonggo Jepara.