blank
Ilustrasi Rumput laut. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lautan menyimpan berbagai jenis makhluk hidup, baik itu hewan, tumbuhan dan makhluk lain yang hidup di dalamnya. Patutnya kita harus bersyukur dengan semua itu.

Nah, apakah kamu penggemar makanan laut? Misalnya seafood atau tumbuhan laut? Kali ini, kita akan membahas segudang manfaat yang bisa didapatkan dari rumput laut.

Dilansir dari Suara.com rumput laut sendiri termasuk ke dalam kelompok algae dan terdiri dari beberapa jenis seperti, alga coklat, alga merah, dan alga hijau. Bahkan, rumput laut rata-rata berasal dari Asia.

Nah, berikut ini adalah sejumlah manfaat rumput laut untuk kesehatan. Yang dirangkum dari laman hellosehat.com.

1. Membantu menurunkan berat badan

Rumput laut coklat memiliki kandungan pigmen fucoxanthin. Pigmen ini dapat membantu melancarkan metabolisme dan mengubah lemak menjadi energi. Bahkan, serat pada rumput laut juga membuat perut lebih kenyang lama.

2. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Rumput laut diketahui mengandung vitamin K, yang bekerja dengan trombosit jenis sel yang dapat membentuk gumpalan atau pembekuan darah. Diketahui, vitamin K ada pada jenis rumput laut manapun. Tapi, untuk rumput laut hijau kandungan vitamin K nya lebih sedikit.

3. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Kalsium pada rumput laut juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Bahkan, menjaga asupan kalsium juga dapat membantu menjaga fungsi jantung, otot dan saraf.

4. Meningkatkan energi

Rumput laut selain mengandung kalsium, ternyata juga mengandung zat besi. Zat besi ini juga membantu memproduksi energi agar tetap aktif. Selain itu, zat besi juga dapat membentuk hemoglobin, sel darah merah pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh yang tercukupi asupan zat besi juga dapat mencegah dari anemia karena kadar hemoglobin yang seimbang.

5. Mengurangi resiko diabetes

Ternyata, rumput laut juga dapat membantu mengurangi resiko diabetes. Selain itu, kandungan alginate pada rumput laut juga dapat mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

Bagaimana, cukup menarik bukan manfaat dari yang satu ini? Rumput laut memang terkenal akan manfaatnya. Selain nikmat, rumput laut menyimpan segudang manfaat.

Claudia