blank
Ilustasi buah strawberry. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah strawberry (Fragaria ananassa) tumbuh pertama kali di Negara Eropa pada abad ke-18 Buah stroberi memiliki perpaduan rasa manis, asam, serta menyegarkan. Buah ini didominasi oleh warna merah cerah dan berbentuk menyerupai hati.

Dilansir dari Suara.com, buah stroberi biasanya dikonsumsi dalam bentuk utuh, atau juga bisa dijadikan sebagai jus, smoothie, atau diolah menjadi selai. Sebagai salah satu buah yang banyak peminat nya, ternyata buah ini memiliki banyak kandungan gizi dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari The U.S. Department of Agriculture (USDA) food and nutrition menyatakan bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam buah stroberi, yaitu kalium, vitamin c, asam folat, vitamin a, fosfor, serta serat. Sedangkan kandungan antioksidan nya berupa asam ellagic dan flavonoid (anthocyanin, quercetin, kaempferol, dan catechin).

Berbagai macam vitamin dan mineral yang terdapat pada buah stroberi inilah yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari tulisan Megan Ware pada laman Medical News Today bahwa manfaat mengonsumsi buah stroberi bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah penyakit jantung

Berbagai Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan anthocyanin dapat menurunkan resiko penyakit jantung, sedangkan quercetin memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi dalam menurunkan resiko penyakit aterosklerosis, selain itu kandungan mineral berupa kalium pada buah stroberi juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung.

2. Mencegah stroke

Penelitian meta-analisis menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan flavonoid dapat menurunkan resiko penyakit stroke

3. Mencegah kanker

Berbagai macam vitamin dan antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, asam ellagic, dan flavonoid yang terkandung dalam buah stroberi dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas serta mencegah dan melumpuhkannya. Radikal bebas ini menjadi salah satu penyebab kanker, terutama pada kanker mulut, payudara, esofagus, hingga kanker paru.

4. Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan mineral kalium pada buah stroberi dinilai dapat membantu mengontrol kadar natrium dalam tubuh sehingga menjaga kestabilan tekanan darah.

Selain kalium, kandungan anthocyanin pada buah stroberi ini selain memberikan efek warna merah pada buah juga dapat membantu membuka aliran darah agar tekanan darah menjadi stabil.

5. Sembelit

Buah stroberi juga memiliki kandungan serat seperti jenis buah lainnya. Kandungan serat pada buah stroberi ini dapat membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit atau konstipasi

Itulah 5 manfaat dari buah stroberi bagi kesehatan, dengan rutin mengonsumsi buah stroberi akan mencegah tubuh dari penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi, stroke, jantung, serta sembelit.

Claudia