blank
Tutorial pemasangan STB digencarkan ke masyarakat, selama sosialisasi migrasi TV analog ke siaran digital. Foto: kominfo

LUMAJANG (SUARABARU.ID)– Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, pemerintah terus mendorong transformasi TV Analog ke TV Digital. Banyak tujuan yang ingin dicapai, salah satunya ingin mengalihkan ke televisi digital, agar pemanfaatan frekuensi dapat lebih efisien.

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat melakukan sosialisasi tentang Analog Switch Off (ASO), di Hall Hotel GM Lumajang, Minggu (12/6/2022). Menurut dia, saat ini Kemenkominfo bersama DPR RI, aktif melakukan sosialisasi ASO, untuk menyebarluaskan informasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat, terkait siaran TV analog ke siaran digital.

Disenutkan Niken, mulai 25 Agustus 2022, siaran TV analog di Lumajang akan dihentikan, dan dipindah ke siaran TV digital. Sedangkan saluran sinyal TV analog akan dimatikan total oleh pemerintah, mulai 2 November 2022 nanti.

”Kita tidak perlu mengganti TV-nya, karena TV tabung atau layar datar yang belum digital, masih bisa digunakan. Hanya menambahkan alat Set Top Box (STB),” kata Niken, seperti dikutip laman kominfo.jatimprov.go.id, Senin (13/6/2022).

Ditambahkan dia, TV digital akan memberi pengalaman menonton yang lebih nyaman, menyenangkan, jelas di mata dan telinga. Selain itu, kualitas siaran pada TV digital lebih canggih dan jernih.

Komitmen
Untuk masyarakat yang masih memiliki TV analog, perangkat itu masih bisa dimanfaatkan, bila didukung dengan STB berlisensi Kominfo. Sebanyak 6,7 juta STB gratis akan dibagikan, seusai penerapan penghentian siaran TV analog, kepada Rumah Tangga Miskin (RTM).

”Untuk migrasi ke TV digital, pemerintah memberikan STB gratis untuk rumah tangga miskin, berdasarkan data Kemensos. Sekarang sedang diverifikasi. Stasiun-stasiun TV besar pun, juga berkomitmen memberikan STB gratis,” ungkapnya.

Niken menyatakan, program pengalihan ke TV digital diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 Tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran. Migrasi TV ini dilakukan secara bertahap, dan ditargetkan akan selesai selambat-lambatnya pada 2 November 2022 mendatang.

Riyan

#ASO, #analogswitchoff, #TVdigital, #siarandigitalindonesia, #ASO2022