blank
Peserta aksi bersih-bersih Candi Angin dan penanaman pohon dari berbagai komunitas.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Kegiatan bersih-bersih situs purbakala Candi Angin yang berada di Dukuh Duplak, Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara oleh Forum Peduli Cagar Budaya Muria diikuti hampir 200 peserta dari berbagai komunitas.

blank
Penanaman pohon di lahan kritis.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, (5/6/2022) ini sebagai bentuk kepedulian generasi muda dalam melestarikan peninggalan nenek moyang. Seperti diketahui, situs Candi Angin yang terletak di lereng Muria diyakini masyarakat Jepara, terutama masyarakat Desa Tempur sebagai peninggalan pada masa kerajaan Kalingga yang saat itu dipimpin oleh Ratu Shima. Namun, berdasarkan penelitian lain, situs Candi Angin ini adalah pada masa kerajaan Majapahit.

Desa Tempur yang terletak di dataran tinggi memang mempunyai banyak peninggalan purbakala. Selain Candi Angin ada yang bernama Candi Aso. Sebab, seperti kita ketahui sebelum masuknya Islam, tempat-tempat pemujaan seperti candi sering dibangun di dataran tinggi.

blank
Beberapa relawan aksi bersih Candi Angin

Ahmad Junaidi, salah satu peserta sekaligus Ketua Panitia kegiatan bersih-bersih Candi Angin saat dihubungi Suarabaru.id, mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Forum Peduli Cagar Budaya Muria semata-mata untuk menjaga dan melestarkan alam di kawasan Candi Angin.

“Forum Peduli Cagar Budaya Muria yang terbentuk pada tahun 2020 lalu merupakan binaan dari Balai Arkeologi (Balar) DIY, dan kegiatan ini salah satunya arahan dari tim Balar Yogyakarta”, ujar Junaidi.

Lebih lanjut Junaidi mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih Candi Angin membuat mayarakat sangat antusias untuk mengikuti. Tercatat beberapa elemen masyarakat yang ikut kegiatan ini adalah Forum peduli cagar budaya Muria binaan dari balai arkeologi DIY, TACB Kab. Jepara, Semut ijo Pati, Palupi Pati, Pring Kuning, Pemuda Arjuna Duplak, Mahasiswa Universitas Terbuka Semarang, Pokjar Kebangsaan Bangsri dan Pecinta Alam Jepara Pati kudus.

“Kegiatan ini bertujuan agar situs Candi Angin ini tetap terjaga, terawat. Ini adalah bentuk kepedulian kami sebagai generasi muda yang ikut andil dalam menjaga alam sekitar, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat tempur dan sekitar”, kata Junaidi

“Harapannya adalah agar dari Pemerintah Kabupaen Jepara  peduli dengan situs seperti ini, yang mana Candi Angin ini adalah situs yang sangat penting bagi Jepara mengingat ini adalah tinggalan nenek moyang kita yang perlu di lestarikan”, ungkap Junaidi.

Kegiatan yang dimulai dari rumah juru kunci Candi Angin yang bernama Mbah Jan ini kemudian dilanjutkan menuju Candi Angin dengan menanami 200 bibit pohon jambu, 100 bibit pohon beringin di jalur menuju situs Candi Angin yang berada di lahan kritis, serta Pelepasan 50 ekor burung.

ua