blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto (bertopi) dan Ny Iin Windarti serta Kapolres AKBP Burhanuddin melepas tukik di Pantai Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Minggu 5/6.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Lingkungan se Dunia 2022 Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melepas tukik, menebar bibit ikan serta menanam penghijauan.

Serangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup se Dunia 2022 tersebut dipusatkan di Desa Sidoharjo, Kecamatan Puring, pada Minggu 5 Juni 2022.

Pada kesempatan itu Bupati didampingi istrinya Iin Windarti Sugiyanto bersama jajaran Forkompinda, diantaranya Kapolres AKBP Burhanuddin, melepas 4.000 ikan nila di sebuah rawa di Desa Sidoharjo, untuk dikembangbiakan.

Selanjutnya Bupati bersama jajaran juga melakukan aksi tanam pohon untuk wilayah koservasi di Pantai Kembar Terpadu, di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring. Ada 100 pohon cemara yang ditanam, kemudian 100 pohon ketapang laut, dan 100 pohon kelapa Genjah Entog.

blank
Bupati Arif Sugiyanto didampingi Ny iin Windarti dan Kapolres AKBP Burhanuddin menabur benih ikan di sebuah rawa di Desa Sudiharjo Puring.(Foto:SB/Kominfo)

“Lingkungan ini menjadi hal yang sangat penting untuk kita jaga. Karena ini menyangkut kehidupan semesta, bukan hanya manusia, tapi juga hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Merawat lingkungan, itu artinya kita merawat kehidupan,” ujar Arif Sugiyanto.

Selain menanam pohon konservasi, Bupati mengatakan, pemerintah kabupaten juga melakukan penanaman massal sebanyak 2.400 pohon. Terdiri dari pohon kelengkeng, jambu, mangga, rambutan dan durian.

Pohon-pohon tersebut, lanjut Arif Sugiyanto, disebar ke berbagai desa. Yaitu di Desa Giritirto, dan Gunungsari, Kecamatan Karanggayam, Desa Rowokele Kecamatan Rowokele, Desa Wonodadi, Kecamatan Buayan, dan Desa Sidoharjo serta Tambakmulyo, Puring.

“Dengan menanam pohon kita ingin menunjukan bahwa kita menyayangi generasi akan datang. Hijau duniaku,hijau duniamu, hijau dunia akan datang,”ujar Bupati didampiongi Kapolres AKBP Burhanuddin dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.

blank
Bupati Arif Sugiyanto menanam bibit cemara di Pantai Tambakmulyo Puring.(Foto:SB/Kominfo)

Pada kesempatan yang sama, dilakukan pelepasan 100 ekor tukik di Pantai Kembar Terpadu yang masuk dalam wilayah konservasi penangkaran penyu. Kemudian ada penyerahan bantuan untuk pihak pengelola dari Yayasan Benih Baik, dan Tokopedia oleh Bupati Kebumen.

“Alhamdulillah Kebumen itu punya dua konservasi penangkaran penyu, satu di Kaliratu Desa Jogosimo Kecamatan Klirong, dan satunya lagi di Pantai Kembar Terpadu Desa Tambakmulyo Kecamatan Puring. Ini menjadi potensi dari kekayaan alam di Kebumen untuk terus dilestarikan agar bisa diwariskan ke generasi anak cucu kita yang akan datang.”

Tak lupa, di peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, pemerintah juga mencanangkan gerakan bersih-bersih pantai, dan senam sehat masal di pantai. Bupati bersama Ny Iin Windarti dan parea pejabat ikut melakuak senam masal bersama warga.

Komper Wardopo