blank
Konsumen menikmati masakan Mangut Belut di warung Mbak Tun, Pancar, hari ini Kamis (26/5). Foto: eko

KOTAMUNGKID(SUARABARU.ID) –Jika Anda mendambakan menu masakan yang lezat sambil melihat pemandangan yang indah, Pecel Welut Bu Tun Pancar lah pilihannya.

Ya, warung milik Mbak Solikatun (Mbak Tun) warga Pancar, Desa Ngampeldento, Salaman, Kabupaten Magelang itu dengan menu utama ikan welut (belut).

Lokasi ini memang masih tidak terlalu jauh dari Borobudur, sekitar 20 km. Untuk menuju ke sana melewati kebun bibit buah milik penduduk.

Aneka macam bibit tersedia di sana. Ada durian, kelengkeng, alpukat, jambu jamaika, dan sebagainya. Bagi penggemar tanaman buah, bila berkunjung ke pecel welut Pancar, bisa juga pulang membawa oleh-oleh bibit buah.

Masak Mangut

Belut dimasak mangut, dilengkapi sambal uleg tradisional dengan Lombok Ijo (cabai berwarna hijau). Bagi pengemar makanan pedas tentu sangat tepat menikmati Mangut Belut Mbak Tun.

Tidak hanya itu, di warung tersebut juga disedikan kluban daun Jewor atau Jentik Manis. Kluban disediakan dengan sambal kelapa. Sangat cocok dengan lauk tahu atau tempe bacem yang disediakan di sana. Ditambah lagi dengan kerupuk acir yang tersedia beberapa blek (tempat kerupuk).

Di warung tersebut juga ada menu ayam dengan bumbu rendang. Pembeli pun bisa menikmati Iwak Kali (ikan sungai) yang digoreng.

Dari mana saja Welut dan Iwak Kali yang disediakan di warung tersebut ?. Itu kiriman dari warga setempat yang rajin mencari ikan di sana. Wilayah Desa Ngampeldento, Salaman, itu memang masih banyak sawah hijau dan kali (sungai) besar atau kecil. Bagi warga yang punya kemauan mencari ikan, tentu peluangnya sangat besar.