Ratusan umat Kristiani dari GKJ Sanggrahan, Kota Wonogiri, menggelar Ibadah Padang Kenaikan Tuhan Yesus di Plasa Monumen Bedhol Desa Waduk Gajahmungkur Wonogiri.(SB.ID/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Ratusan umat Kristiani dari Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sanggrahan Kota Wonogiri, Kamis (26/5), menggelar Ibadah Padang Kenaikan Tuhan Yesus di Monumen Patung Bedhol Desa.

Lokasinya berada di Plasa ujung timur Bendung Induk (Main Dam) Waduk Gajahmungkur Wonogiri. Bagi umat Kristiani, ibadah dapat berlangsung di alam terbuka, dan ini biasa disebut sebagai Ibadah Padang atau Kebaktian Padang.

Ibadah Padang Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5), berlangsung mulai Pukul 07.00 sampai dengan Pukul 10.30 Wib. Massa umat yang hadir mengambil posisi duduk di tribun undak-undakan (bertingkat-tingkat) yang terbangun permanen dalam konstruksi Tapal Kuda, di depan Patung Bendhol Desa.

Mereka bebas memandang ke hamparan perairan Waduk Gajahmungkur yang legendaris. Yakni Waduk yang diresmikan Presiden Soeharto 17 Nopember 1981, yang terkenal karena pembangunannya menenggelamkan 65 desa di 7 kecamatan Wonogiri tersebut.

Sementara di hamparan padang rumput tengah, tepatnya di sisi utara Patung Bedhol Desa, dipajang dekorasi minimalis dalam rancang bangun yang artistik. Dilengkapi tulisan ”Ibadah Padang Kenaikan Tuhan Yesus, Menyampaikan Kabar Baik dengan Suka Cita.”

Di dekat dekorasi yang dibuat model pijar cahaya putih berpendar itu, ditempatkan podium untuk Gembala Umat Pendeta Ambar Sulistiyono SPd, K.MPd, berdiri berpidato menyampaikan khutbah religinya.

Pada sisi kanan-kirinya, berderet regu paduan suara bersama kelengkapan peralatan musik pengiringnya, untuk menyajikan aneka lagu gerejani bernada puja-puji Tuhan.

Di Luar

Salah seorang Tokoh Umat GKJ, Suwarno, mengatakan, Ibadah Padang seperti ini pernah digelar pada Tahun 2014 lalu. ”Kalau yang namanya Ibadah Padang, memang dilaksanakan di luar,” ujarnya.

Di tengah hamparan padang rumput yang menghijau di pelataran Plasa Monumen Patung Bedhol Desa, dibuat dekorasi dengan rancang bangun artistik, model pijar cahaya putih yang berpendar. Di tempat ini, Pendeta Ambar Sulistiyono, berpidato menyampaikan khutbah religinya.(SB.ID/Bambang Pur)

Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, melalui Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, untuk pengamanan Ibadah Kenaikan Isa Almasih dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Budiyono dan AKP Eko Sudarmoko, dengan Pawas AKP Eka Purwanta dan Iptu Sukiyatno, bersama Danton Ipda Danang Sutrisno dan Wadanton Ipda Untung S.

Pengamanan meliputi di Gereja Bethel Indonesia (GBI) Wonogiri Jalan Sudirman 143 Kota Wonogiri, yang menggelar perayaan Ibadah Kenaikan Isa Al Masih dengan tema ”Terimalah Roh Kudus,” dipimpin oleh Pendeta Adi Wibowo MTh.

Ibadah Kenaikan Isa Almasih di GKJ Wonogiri Utara, Wonokarto, Wonogiri, mengambil tema ”Menyampaikan Kabar Baik dengan Suka Cita.” Kebaktian dipimpin Pendeta Sebastian Moor Hastomo.

Di GBI Jalan Murti Pranoto, Sanggrahan, Giripirwo, Kota Wonogiri dipimpin Pendeta Ambar Sulistiyono. Untuk Gereja Pantaikosta di Giritirto, Kota Wonogiri, perayaan Ibadah Kenaikan Isa Al Masih mengambil tema ”Yesus Naik Ke Surga,” dipimpin Pendeta Moses Pinangkaan.

Untuk Ibadah Kenaikan Isa Almasih di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kota Wonogiri yang beralamat di Jalan Pelem, rencananya akan dilaksanakan petang nanti Pukul 18.30.

Bambang Pur