Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, saat melantik pejabat administrasi. Foto: SB/Diskominfo

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Guna mewujudkan kinerja yang berkualitas dan berdaya saing, pejabat administrasi di lingkungan Pemkab Wonosobo dituntut terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya.

Menurut Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, hal ini penting dilakukan, untuk memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat.

Beserta Wakil Bupati M Albar dan Sekda One Andang Wardoyo, bupati menaruh harapan yang besar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat administrasi, yang baru saja dilantik untuk segera beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

BACA JUGA: Polisi Wonogiri Gagalkan Wanita Muda yang akan Bunuh Diri

”Sehingga pelayanan publik dapat berjalan dengan maksimal, teruslah meningkatkan kompetensi dan kapasitas demi kinerja yang berkualitas,” ungkap Afif, saat melantik pejabat administrasi, Kepala Sekolah dan penyerahan SK bagi Kepala Puskesmas di Pendapa Bupati, Rabu (11/5/2022).

Pelantikan dan penyerahan SK, lanjutnya, sebagai respon Pemkab dalam mengisi beberapa jabatan yang kosong. Antara lain karena pejabat lama memasuki masa purna tugas. Prosesnya sendiri melalui tahapan yang cukup panjang, berdasar pendekatan kompetensi dan kinerja.

Pihaknya berharap, seluruh pejabat yang dilantik untuk terus belajar, berkarya, dan memberikan yang terbaik bagi bangsa, sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat luas.

BACA JUGA: Tundukkan Juventus 4-2, Inter Milan Juara Coppa Italia

”Promosi jabatan sudah melalui proses yang cukup panjang, dengan pendekatan kompetensi dan kinerja di tempat kerja masing-masing,” imbuhnya.

Khusus Kepala Sekolah, Afif meminta, untuk melakukan inovasi dan percepatan dari sisi kualitas berbasis kompetitif dan terpercaya. Pasalnya masih banyak anak SD maupun SMP yang tidak mau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

”Lakukanlah inovasi dan percepatan kualitas berbasis kompetitif, guna memajukan kualitas dunia pendidikan di Wonosobo. Apalagi kualitas pendidikan di daerah ini ke depan perlu terus digenjot,” pinta Afif.

BACA JUGA: SEA Games 2022: Tiga Emas Antar Indonesia ke Peringkat Tiga

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonosobo, Tri Antoro menyampaikan, total pejabat ddministrasi yang dilantik sebanyak 31 orang.

Mereka terdiri dari Eselon III A promosi dua dan mutasi dua, Eselon III B promosi dua dan mutasi empat, Eselon IV A promosi enam dan mutasi lima, eselon IV B promosi tujuh dan mutasi tiga orang. Sedangkan Kepala Sekolah tiga orang dan Kepala Puskesmas tiga orang.

Sedangkan pejabat administrasi yang baru saja dilantik, diminta untuk bekerja keras guna memajukan daerah Wonosobo, sesuai tugas dan peran masing-masing.

BACA JUGA: Piala Thomas 2022: Syabda Tentukan Skuad Garuda Juara Grup

”Saya berharap, semua ASN untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya, agar dapat mewujudkan ASN berakhlak, berorientasi pada pelayanan, akuntabel dan kompeten,” pintanya.

Selain itu, ASN juga harus harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif, dan siap membangun daerah dalam rangka mewujudkan Wonosobo yang berdaya saing, maju dan sejahtera.

Muharno Zarka