blank
Pesta Lomban (Foto: Ilustrasi)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Warga Jepara akan merasakan kemeriahan Pesta Lomban setelah 2 tahun vakum disebabkan pandemi Covid-19. Bupati Jepara memberikan izin bagi warganya untuk melaksanakan tradisi Pesta Lomban di pekan Syawalan pada tanggal 9 Mei 2022.

blank

Ada tiga kegiatan yang diusung yaitu melalui prosesi ziarah di makam pada hari Minggu, 8 Mei 2022 di dua makam yaitu Makam Cik Lanang Kelurahan Bulu pada pukul 15.30 WIB dan Makam Mbah Ronggo di Kelurahan Ujungbatu pada pukul 18.30.

Berikutnya kegiatan wayang kulit semalam suntuk akan digelar di TPI Ujungbatu pada hari Minggu 8 Mei 2022 pukul 20.00 WIB. Lalu, dilanjutkan prosesi larungan kepala kerbau di TPI Ujungbatu keesokan harinya yaitu Senin 9 Mei 2022 pukul 6.00 WIB sekaligus Festival Kupat Lepet di Pantai Kartini setelahnya.

blank

“Seluruh rangkaian kegiatan ini menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujar Dian Kristiandi Bupati Jepara saat jumpa pers belum lama ini.

Bupati telah memastikan adanya koordinasi keamanan dari berbagai pihak, meliputi Polres, Kodim, dan perangkat daerah serta para stakeholder. “Mereka akan berjaga memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan di pusat keramaian juga tempat wisata,” ujarnya.

Alvaros