blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tim KKN XII Unisnu berikan pelatihan Brand Image dan Packaging kepada para UMKM di Desa Menganti dan Desa Dongos belum lama ini. Kegiatan bertempat di Balai Desa Menganti dalam acara talk show “Membangun Promosi Bisnis Brand Image dalam Berwirausaha.” Tristan Alfian, S.Sn, M.Sn. Dosen Desain Komunikasi Visual Unisnu dihadirkan sebagai narasumber.

blank
Tristan Alfian, M.Sn. Dosen Komunikasi Visual Unisnu (foto: tim KKN Unisnu Desa Dongos dan Desa Menganti)

Menurut Evi, salah satu pengusaha UMKM di Desa Dongos, di desanya beberapa UMKM yang berkembang antara lain kerajinan mebel, pengolahan kripik singkong, krupuk, dan kue basah. “Namun mereka masih menghadapi kendala di bidang pemasaran,” ujarnya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, DPL KKN XII Unisnu Desa Dongos dan Menganti Anita Afrianingsih, M.Pd. bersama tim mahasiswa KKN berinisiatif melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM di dua desa tersebut dengan bermitrakan Petinggi Desa Menganti.

Menurut Tristan Alfian, barang akan laku keras kalau dikemas berbeda. “Contohnya adalah Lele Aladin di Kalinyamatan. Lele mentah yang biasa di jual murah, bisa dibandrol Rp. 10.000 rupiah sampai Rp.15.000 isi tiga ekor hanya ditambah bumbu dan di bungkus kemasan yang menarik dan langsung digoreng,” ujarnya.

Sementara itu, Ali Mansur Petinggi Desa Menganti mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan ini. “Kami belum lama ini sedikit memberi bantuan alat kepada beberapa UMKM. Harapannya semoga kegiatan ini bisa membantu UMKM menjadi semakin meningkat,” harapnya.

Alvaros