blank
Kepala MA NU Al-Mustaqim Bugel Jepara, dosen Unisnu, dan peserta pelajar.

JEPARA (SUARABARU.ID) – MA NU Al-Mustaqim Bugel Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara hadirkan dosen Bahasa Inggris Unisnu Ernia Riyanti untuk memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada siswa siswi (13/2-2022).

blank
Kepala MA NU Al-Mustaqim Bugel Sholahuddin , M.A. saat menyerahkan sertifikat kepada pemateri.

Ernia Riyanti dosen Unisnu yang juga trainer di UPT Pusat Pengembangan Bahasa memberikan tips kepada para siswa yang terdiri atas kelas X, XI, dan XII bagaimana speaking English yang baik dan benar.

Menurut Ernia, ada 6 tips berbahasa Inggris yang menyenangkan yaitu melibatkan English dalam kehidupan sehari-hari, belajar sambil bernyanyi, belajar dari youtube channel/aplikasi online, berani berlatih bahasa Inggris, berlatih dengan merekam diri sendiri, dan imitation yakni mengulang Bahasa Inggris dari video conversation native speaker. “Jadikan keseharian yang kita lakukan menggunakan Bahasa Inggris seperti mengubah mode gadget berbahasa Inggris, menulis diary berbahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, dan lain-lain,” ujarnya. Intinya ketika berlatih jangan berpikir grammar dahulu. “Speaking English without thinking,” ungkapnya.

blank
Ernia Ariyanti, M.Pd. Dosen Unisnu saat menyampaikan tips berbahasa Inggris.

Sementara, Kepala MA Sholahuddin, M.A menyampaikan pelatihan ini terselenggara untuk menumbuhkan minat siswa berbahasa Inggris. “Dengan adanya acara ini, siswa siswi dapat termotivasi untuk praktik bahasa Inggris serta dapat membangun minat belajar Bahasa Inggris,” ujarnya.

Alvaros