blank
Selfi bersama Bupati Dian Kristiandi usai pembinaan.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Pembinaan mental bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) se- Kecamatan Bangsri yang dikemas dalam acara Silaturahmi Bupati Jepara telah diselenggarakan di Aula SMPN 1 Bangsri, Selasa (8/2/2022). Kegiatan ini diikuti tenaga kependidikan yang terdiri dari guru SD dan SMP, serta tenaga kesehatan.

blank
Selfi bersama Bupati Dian Kristiandi usai pembinaan.

Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka membekali Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan nilai-nilai kebangsaan. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya, setelah beberapa waktu lalu, hal yang sama juga dilakukan di SMPN 1 Mayong.

Turut hadir Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jepara Mashudi, Kepala Diskop UKM Nakertrans Samiadji, serta beberapa pejabat lainnya.

Bupati Jepara Dian Kristiandi dalam sambutannya menyatakan, ASN adalah publik figur, karena itu harus menunjukkan sikap patuh pada aturan yang berlaku. “Bukan disebabkan oleh adanya sanksi tetapi merupakan sikap yang muncul dari dorongan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik,” ujarnya.

Oleh karena itu ia mengajak  seluruh ASN selalu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan merawat kebhinekaan yang ada. Menurutnya, spirit kebhinnekaan dan nilai-nilai kebangsaan itu kini terganggu oleh munculnya berbagai kelompok radikal dan intoleran yang ingin memecah bela persatuan dan kesatuan.

“Tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah bagaimana bisa merawat kebhinekaan yang sudah mulai luntur dan terkoyak,”tuturnya.

Dia menegaskan tentang urgensi merajut kembali spirit kemajemukan dan nilai-nilai kebangsaan. Hal ini tentunya untuk membentengi para ASN dengan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

Tenaga kependidikan diharapkan mampu membekali siswanya yang merupakan generasi penerus bangsa, untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan merawat kebhinekaan. “Kalau ini kita tanamkan sejak dini kepada anak didik kita, mereka akan mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari,” pungkas Dian Kristiandi.

Alvaros – Kmf