blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Keta DPRD Sarimun dan Forkompinda pada penyeahan sepeda motor bag kades dan dan Gebyar 1 Hari Lunas PBB.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyerahkan 449 kendaraan dinas sepeda motor baru kepada para kepala desa (kades) se Kebumen.

Sepeda motor jenis matik sebanyak 449 unit itu didanai dari APBD Pemkab Kebumen tahun 2021. Pengadaan sepeda motor baru itu untuk mengganti kendaraan dinas lama para kades.

Penyerahan pada acara yang diberi titel Semarak Penggelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah 2022 di Kompleks Pendopo Kabumian, berlangsung Rabu (26/1).

Acara dihadiri Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Forkompinda dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.

Sewaktu menyerahkan bantuan kendaraan dinas operasional roda dua kepada 449 kepala desa, Bupati berpesan agar para kades merawat kendaraan operasional tersebut dengan baik.

“Saya menekankan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan pelayanan masyarakat desa, yang digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat desa,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Bupati Arif Sugiyanto menyerahkan kunci dan STNK sepeda motor kepada seorang kades.(Foto:SB/Ist)

Bupati juga mengingatkan, status kendaraan itu adalah pinjam pakai atau titipan dari Pemkab Kebumen kepada pemerintah desa yang selanjutnya agar dirawat dan dimanfaatkan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tidak untuk kepentingan pribadi kades.

“Nanti akan saya pantau kinerja dari tiap-tiap desa yang bersangkutan setelah pemberian kendaraan ini dalam ha capaian PBB, dan lainnya, apakah stagnan atau meningkat. Ini perlu menjadi perhatian para kepala desa,”imbuh Bupati.

Gebyar Satu Hari Lunas PBB

Bersamaan itu Pemkab Kebumen menggelar kegiatan Semarak Penggelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah 2022 di Pendopo Kabumian, Rabu 26 Januari 2022. Ada lima kegiatan sekaligus dalam rangka mewujudkan  Kebumen yang Semarak, yakni Sejahtera, Mandiri, Berakhlak, Bersama Rakyat.

Pertama, Gebyar Satu Hari Lunas Pembayaran PBB Tahun 2022. Sebagai sumber pembiayaan pembangunan daerah yang potensial, pajak daerah sebagai bagian dari PAD di dalamnya terdapat PBB dengan target APBD untuk tahun 2022 direncanakan sebesar Rp 52 miliar dari keseluruhan pajak daerah yang ditargetkan Rp.111.305.200.000,00.

“Dari data yang saya terima sampai tanggal 23 Januari 2022, Alhamdulillah sebanyak 175 desa telah ikut mendaftar ikut program tersebut, serta kemajuan realisasi pendapatan PBB yang sudah masuk ke Rekening Kas Umum Daerah sebesar Rp 667.734.029,00,”terang Arif Sugiyanto.

Pemerintah, lanjut Bupati, terus berbenah dalam upaya meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sebagaimana tertuang dalam Misi Pertama, yakni Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsif serta penerapan e-gov dan open-gov yang terintegrasi.

blank
Lurah Panjatan, Kecamatan Karanganyar, Juniadi Prasetyo, menerima penghargaan dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto,(Foto:SB/Ist)

Semarak Kedua, Bupati kembali meresmikan Festival Anggaran tahun 2022. Ini merupakan suatu bentuk konkrit dari komitment Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan reformasi birokrasi pemerintah. Khususnya transparansi atas APBD Kabupaten Kebumen yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2021.

Masih dalam rangkaian festival anggaran ini juga telah disampaikan secara simbolis Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Tahun Anggaran 2022.”Dokumen yang memuat pendapatan, belanja dan pembiayaan saya harapkan dapat digunakan sebagai dasar pelaksanaan anggaran oleh segenap Pengguna Anggaran,” terangnya.

Semarak yang ketiga, pemberian Penghargaan pengelolaan keuangan terbaik tahun 2021 yang diberika kepada perangkat daerah, seperti kepala kelurahan, kepala desa, puskesmas, dan lain sebagainnya.

Semarak keempat, yakni Bupati menyerahkan bantuan kendaraan dinas operasional roda dua Nmax kepada 449 kepala desa

Semarak Kelima, Bupati meresmikan aplikasi kanal Lapor Cepat Bupati. Kanal ini wadah bagi masyarakat untuk menyampaikan kritik dan masukan atas kinerja pemerintah. Bupati menegaskan pihaknya siap menerima masukan dan kritik dari masyarakat.

Komper Wardopo