Peserta tes CAT perades Blora di Semarang. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU) – Computer Assisted Test (CAT) seleksi pengisian perangkat desa (Perades) di Kabupaten Blora yang dilaksanakan di Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG)   Semarang berjalan dengan terbuka dan disaksikan oleh semua pihak panitia dan peserta. Selasa (25/1/2022).

Pelaksanaan test CAT pada hari ini diikuti oleh 5 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Japah, Sambong, Todanan, Jati dan Jiken untuk proses tes CAT perangkat desa secara serentak.

Sistem CAT yang diluncurkan ini sendiri memiliki fungsi Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian, menciptakan standardisasi hasil ujian secara nasional, menetapkan standar nilai, dan meningkatkan transparansi, objektivitas, akuntanbilitas, dan efisiensi.

Dengan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) penentuan seleksi berdasarkan nilai tertinggi. Sementara itu, Ketua Praja Kecamatan Sambong Andik Sugiyono  mengatakan test diselenggarakan sesuai ketentuan. Selain itu juga dilaksakan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Sesuai yang kami sampaikan sebelumnya, nilai peserta langsung ditayangkan sesuai real time. Hasilnya bergerak karena setiap soal dikerjakan peserta langsung terupdate. Jadi semuanya bisa lihat, murni hasil yang dikerjakan peserta,” ungkap Andik Sugiyono.

Dikatakan, kepada awak  media salah satu peserta dari desa pojok watu kecamatan sambong Sigit Kokok yang melaksanakan CAT sebagaimana menjelaskan pelaksanaanya aman dan kondusif serta tidak ditemukan kejanggalan,  yang ditemukan para peserta.

“Mulai dari nilai yang berubah, materi soal sesuai ketentuan, hingga ID peserta yang telah disiapkan sebelum tes dilaksanakan,” ujarnya.

CAT perangkat desa dilaksanakan oleh lima Kecamatan dengan melibatkan pihak ketiga dan Forkopimcam terjun langsung ke lokasi untuk memastikan pelaksanaannya .

Acara tersebut berjalan dengan lancar seperti apa yang di harapkan oleh kepala Desa serta Perangkat Desa, sehingga dengan terisinya kekosongan Perangkat Desa dapat menambah kinerja Perangkat Desa dan dapat memajukan Desa di Kabupaten Blora.

Kudnadi