blank
Kopi

Tren kopi saat ini merajalela. Banyak kawula muda menggandrungi kopi dikarenakan banyak variannya. Hal ini menjadikan banyaknya kedai kopi dengan brand kopinya memiliki cabang banyak kota. Sebut saja kopi Janji Jiwa, Starbuck, Kopi Kenangan, dan sebagainya. Banyak juga kedai kopi di daerah-daerah menjual varian kopi dilengkapi fasilitas tempat yang nyaman untuk para kawula muda saling chit chat satu sama lain.

Terdapat 8 varian kopi yang sedang tren saat ini, yaitu Capuccino, Americano, Macchiato, Latte, Affogato, Flat White, Moccacino, dan Cold Brew. “Saya penggemar kopi tidak tahu semua varian kopi. Intinya saya tidak suka kopi yang ada susunya. Perlu juga saya tahu jenis-jenis kopi dan kandungan di dalamnya,” ujar Diana seorang penggemar kopi kepada SUARABARU.ID.

Cappucino merupakan salah satu kopi yang namanya tidak asing bagi banyak penikmat kopi. Sehingga bagi banyak pelanggan di kafe, varian ini banyak diminati. Dalam secangkir Cappucino mengandung kopi, susu yang sudah di-steam, dan buih susu dengan takaran masing-masing sepertiga bagian.

Americano dengan Cappucino. Americano merupakan jenis espresso yang dicampur dengan air. Biasanya penyajiannya ada dua pilihan, hot Americano dan cold Americano.

Macchiato hampir sama dengan Cappucino. Macchiato juga diracik dengan mencampurkan espresso dan susu. Biasanya ada pilihan dalam pencampurannya, seperti caramel. Rasio penakaran komposisi susu pada kopi macchiato lebih banyak dibandingkan Cappucino.

Latte hampir sama dengan Cappucino dan Macchiato. Hanya saja bedanya terletak pada rasio komposisi takaran. Latte mencampurkan sirup perasa dengan perbandingan susu dan espresso dua banding satu. Meskipun sama-sama mencampurkan espresso dan susu, rasio perbandingannya berbeda dengan Cappucino dan Macchiato.

Affogato merupakan jenis varian kopi hampir sama dengan ketiga varian Cappucino, Macchiato, dan Latte. Namun perbedaannya pada kekentalan susunya. Tidak seperti varian kopi yang menyajikan campuran espresso dengan susu dalam bentuk cair, Affogato menggabungkan es krim vanilla dingin dan satu sloki espresso yang panas. Biasanya penyajian Affogato ini sebagai dessert.

BACA JUGA Minggu Ini Ganjar Bantu Promosikan UMKM Usaha Helm

Flat White tampilannya mirip dengan Cappucino. Hanya saya racikan isi kopi varian Flat White tidak menggunakan foam atau buih susu. Flat White hanya memadukan steamed milk dan espresso saja. Rasanya lebih lembut dibandingkan Cappucino, dan lebih kuat daripada Latte.

Moccacino merupakan salah satu varian kopi dengan tambahan cokelat di dalamnya. Perpaduan kopi ini meliputi steamed milk, espresso, milk foam, dan cokelat. Rasa cokelatnya lebih dominan dibandingkan kopi. Selain campuran cokelat, taburan cokelat bubuk ditambahkan sebagai garnish di atasnya.

Cold Brew, sesuai namanya, kopi ini disajikan dengan ekstrak air dingin. Kalau minuman kopi biasanya diekstraksi dengan air panas, justru Cold Brew diekstraksi dengan air dingin. Berbeda dengan varian kopi lainnya, kopi ini rasanya tidak terlalu asam.

Jenis varian kopi apa yang Anda gemari?

Alvaros