blank
Tembok rumah warga Desa Kenteng, Kecamatan Sempor, Kebumen, jebol diterjang air bah pada Selasa 11/1.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Hujan lebat yang mengguyur Kebumen utara menyebabkan tembok sebuah rumah di Desa Kenteng, Kecamatan Sempor, jebol diterjang banjir pada Selasa (11/1).

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres AKP Tugiman menjelaskan, meski tidak ada korban jiwa, rumah yang didiami dua anggota keluarga, Sukimin dan Tino, mengalami kerusakan.

Tembok yang terbuat dari batu bata bolong karena peristiwa tersebut akibat diterjang aliran air dari hujan dan air luapan sungai di dekat lokasi. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

“Laporan yang kami terima, awal kejadian bermula dari hujan deras yang turun sejak siang tadi. Air dari jalan turun dan masuk ke samping rumah lalu membuat tembok jebol,”jelas AKP Tugiman.

blank
Petugas Polsek dan Koramil Sempor Kebumen mendatangi lokasi banjir di Desa Kenteng.(Foto:SB/Ist)

Polsek Sempor yang datang bersama dengan Koramil, Pemdes dan BPBD membantu menyingkirkan perabotan agar tidak terbawa air. Pemilik rumah memilih tetap bertahan di dalam rumah.

Dari peristiwa tersebut, pemilik rumah diperkirakan mengalami kerugian material kurang lebih 2 juta Rupiah.  Sementara, tembok yang jebol ditutup dengan menggunakan plastik agar itu hujan tidak tampias masuk ke dalam rumah.

Sementara itu akibta huja deras banjir melanda hampiresmua sungai dan anak sungaai di sekitar Gombong dan Karanganyar serta Karanggayam. Kali Kemit dan Kali Karanganyar pada Selasa(11/1) siang juga meluap.

Cuaca di daerah Kebumen belakangan ini cepat berubah. Pagi cerah, siang bisa turun hujan lebat disertai angin dan petir.

Warga yang beraktivitas di pekarangan, sawah atau lokasi jauh dari perkampungan diimbau segera menepi saat hujan tiba karena sangat berbahaya.

Komper Wardopo