Suasana nobar yang digelar di Rooftop Gedung Parkir USM Lantai 7 berlangsung meriah, dihadiri Rektor USM, Ketua PWI Jateng dan sejumlah mahasiswa. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Hasil imbang 2-2 laga antara Timnas Indonesia kontra Thailand di babak final leg II Piala AFF 2020, akhirnya membawa tim berjuluk Gajah Putih meraih podium juara untuk yang keenam kalinya, sepanjang turnamen ini digelar. Hasil seri 2-2 ini membuat agregat gol menjadi 6-2 untuk Thailand.

Dua gol Timnas yang tercipta pada laga yang dimainkan di Stadion National Singapura, Sabtu (1/1/2022), masing-masing dihasilkan Ricky Kambuaya menit kedelapan dan Egy Maulana Vikri (80). Sedangkan dua gol Thailand dicetak Adisak Kraisorn menit 54 dan Sarach Yooyen (58).

Kegagalan ini membuat Timnas Indonesia menjadi runner-up di enam penyelenggaran Piala AFF. Sebagai runner-up, Indonesia mendapatkan hadiah uang sebesar 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,4 miliar. Sedangkan Thailand yang tampil sebagai juara meraih 300 ribu dolar AS atau berkisar Rp 4,2 miliar.

BACA JUGA: Akhir Tahun 2021 PLN UP3 Magelang Layani Tambah Daya Pelanggan Tegangan Menengah

Rektor USM Dr Supari, saat menemui awak media usai acara nobar. Foto: dok/ist

Meski hasil ini mengecewakan, tapi ada sedikit kebanggaan bagi civitas akademika Universitas Semarang (USM). Salah satu pemain Timnas, Alfeandra Dewangga merupakan mahasiswa Fakultas Hukum USM. Rektor USM, Dr Supari ST MT pun, mengacungi jempol atas penampilan penuh semangat mahasiswanya ini.

Hal itu seperti yang disampaikannya, usai menggelar acara nonton bareng (nobar) yang dilakukan di Rooftop Gedung Parkir USM Lantai 7. Disebutkan dia, hasil imbang 2-2 itu membuat semua pengunjung nobar kecewa.

”Meski kecewa pada hasil akhirnya, tapi saya bangga, Alfeandra Dewangga mampu tampil penuh semangat,” kata Supari, usai nobar bersama anggota Badan Pembina Ir Soeharsojo IPU, Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS dan sejumlah mahasiswa yang hadir di Kafe Arah Awan itu.

BACA JUGA: 64 Anggota Polres Demak Naik Pangkat, Hadiah Tahun Baru yang Mengesankan

Ditambahkan dia, meski Timnas kalah, pihaknya tetap akan memenuhi janjinya untuk memberikan bonus bagi Dewa, panggilan akrab Alfeandra Dewangga. Sebelumnya, Supari memang menjanjikan bonus bagi Dewa, saat dilakukan zoom meeting, Jumat (31/12/2021).

”Seperti janji saya kemarin, usai Timnas berlaga di Piala AFF, pihak kampus mengundang Dewa untuk hadir dan menerima bonus. Apa pun hasil Timnas di Piala AFF ini, kami tetap bangga dengan prestasi Dewa,” tukas Supari.

Riyan