blank
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng menggelar CJIBF dan UMKM Gayeng 2024 di Atrium Mall Paragon, Jumat (26/4/2024). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar kegiatan Central Java Investment Business Forum (CJIBF) dan UMKM Gayeng 2024, Jumat (26/4/2024).

Bertempat di Atrium Pollux Mall Paragon, gelaran rangkaian kegiatan CJIBF dan UMKM Gayeng 2024 merupakan kali ke-21 bagi CJIBF dan yang ke-6 bagi UMKM Gayeng dengan mengangkat tema Enhancing Sustainable Growth through Green and Circular Economy.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Hanung Harimba Rachman, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi, Sekda Jateng, Sumarno, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra.

“Hal ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang berkelanjutan. Gelaran ini juga merupakan wujud implementasi pilar investasi, perdagangan, dan pariwisata KERIS (Koridor Ekonomi, Perdagangan, Investasi dan Pariwisata) Jateng,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra.

Rangkaian CJIBF dibuka pada 26 April hingga November 2024. Pembukaan CJIBF 2024 ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) investasi oleh PT. Jia Wei Indonesia (PMA) dan PT. Perkebunan Kelapa Mackenzie (PMDN), talkshow green and circular economy, market sounding proyek investasi, one on one meeting, serta showcase investasi dan pariwisata.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan relaunching lama KERIS Jateng yang merupakan penghubung dan etalase investasi, perdagangan dan pariwisata di Jawa Tengah.

CJIBF dihadiri oleh perwakilan 17 negara mitra, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Malaysia, Hongkong, Tiongkok, Kamboja, Filipina, Australia, Belgia, Inggris, Belanda, Denmark, Italia, Polandia, dan Jerman serta investor dan pelaku usaha dari dalam dan luar negeri.

Sementara itu, rangkaian UMKM Gayeng diselenggarakan pada 26 hingga 29 April 2024 dengan menampilkan sekitar 90 UMKM produk kriya, fesyen, dan makanan-minuman dari seluruh Jawa Tengah beserta showcase proses produksi UMKM hijau (green).

Jika pada 2023, UMKM Gayeng digelar di tiga negara, yaitu Indonesia, Singapura dan Belgia, kali ini UMKM Gayeng telah merambah dua negara lain, yaitu Jepang dan Prancis hingga ditindaklanjuti dengan penandatanganan LoI dengan agregator Singapura, Belgia, Jepang dan Prancis.

“Dengan menyasar negara-negara potensial tersebut, diharapkan UMKM Jawa Tengah semakin dikenal di pasar dunia karena memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan wilayah lain,” kata Rahmat menjelaskan lebih lanjut.

Menurutnya, hal ini juga menjadi prestasi baru dalam meningkatkan akses pasar ekspor UMKM Jawa Tengah. Kegiatan lain dalam UMKM Gayeng adalah workshop, business matching, akses pembiayaan, edukasi/sosialisasi serta berbagai lomba untuk mengedukasi masyarakat.

Melalui pelaksanaan rangkaian kegiatan CJIBF dan UMKM Gayeng 2024, diharapkan dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah yang berkelanjutan, terutama di bidang investasi, perdagangan dan pariwisata.

Hery Priyono