blank
Pratama Arhan, pemain asal Blora, tampil solid di lini pertahanan. Di babak adu penalti, Pratama mencetak dua gol. Foto: dok/pssi

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengungkapkan rasa syukur dan bangga yang luar biasa, atas keberhasilan Timnas lolos ke semifinal Piala Asia U23 2024, usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 11-10, lewat drama adu penalti. Di babak normal dan tambahan waktu, kedua tim berbagi skor imbang 2-2.

Dikatakan dia, Garuda Muda layak dinobatkan sebagai pencetak sejarah baru sepakbola Indonesia, karena mampu membawa nama harum bangsa. Apalagi perjuangan ini diraih lewat drama tambahan waktu dan adu penalti.

Kemenangan dalam laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/4/2024) dini hari WIB ini, tak hanya menciptakan sejarah baru bagi Indonesia. Kesuksesan Marselino Ferdinan dkk itu, mendekatkan Indonesia dengan mimpi baru untuk selangkah lagi lolos ke Olimpiade Paris 2024.

BACA JUGA: Demam Berdarah di Grobogan Meningkat, 1.058 Kasus Sampai Pekan Ke-15

”Timnas bermain luar biasa, dan terus menciptakan sejarah bagi sepakbola Indonesia. Generasi emas pesepakbola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” kata Erick, yang menyaksikan langsung laga itu, seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Gol pertama Indonesia dicetak striker, Rafael Struick menit 15, lewat tendangan terukur dari luar kotak penalti, ke pojok gawang lawan. Struick mencetak gol kedua menit 45+3, usai Korsel sempat menyamakan skor, akibat Komang Teguh melakukan gol bunuh diri menit 45.

Di babak kedua, Korsel justru bisa kembali mengimbangi kedudukan ketika mereka bermain dengan 10 pemain, usai Lee terkena kartu merah. Gol penyama skor Korsel dicetak SB Yeong menit 84.

”Ada yang namanya momentum. Sejak penyisihan grup, lalu di perempat final, momentum itu milik kita. Kini Timnas bisa melangkah ke semifinal, sangat logis jika target berikutnya final. Kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa dan dukungan dari seluruh rakyat dan pecinta sepakbola Nasional. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi,” pungkas Erick.

Riyan